Sukses

Korban Tewas Longsor di Agam-Sumbar Jadi 7 Orang

7 dari 25 orang yang dinyatakan hilang tertimbun longsor ditemukan tewas di Agam, Sumatera Barat. 3 orang ditemukan selamat namun terluka.

Upaya evakuasi korban longsor di Kabupaten Agam, Sumatera Barat masih terus dilakukan. Longsor terjadi sekitar pukul 04.45 Wib Minggu (27/1/2013) di Desa Kampung Dukuh Nagari Tanjung Sani Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam ini menimbun 15 rumah. Diperkirakan ada 25 orang yang tertimbun dalam longsor.
 
Melalui siaran pers di Jakarta, Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB DR. Sutopo Purwo Nugroho mengatakan saat ini ditemukan 7 orang dalam keadaan meninggal, 3 orang luka-luka yang telah dilarikan ke RSUD Lubuk Basung sedangkan 18 orang lainnya masih hilang.

3 orang yang luka-luka itu, lanjutnya, bukan termasuk 25 orang yang tertimbun longsor. Aparat TNI dan POLRI telah dikerahkan untuk mengevakuasi bersama-sama dengan masyarakat, relawan dan BPBD Kabupaten Agam, Basarnas dengan menggunakan peralatan seadanya.

Akses menuju lokasi medannya cukup berat. BPBD dari Padang Panjang, Bukittinggi dan Tanah Datar, dan Pusdalops PB BPBD Provinsi Sumatera juga telah bergerak ke lokasi bencana guna melakukan dukungan evakuasi. 

Hujan deras yang terjadi di Kabupaten Agam juga menyebabkan banjir  Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam. Banjir memutuskan jembatan sehingga sekitar 30 KK (52 jiwa) terisolir. 45 jiwa mengungsi di Masjid Inyiak Syech dan 7 jiwa mengungsi di Kantor Camat Tanjung Sani. Posko telah didirikan pada hari ini yaitu di 2 tempat di Kanagarian Tanjung Sani untuk posko Longsor dan di Kecamatan IV Koto untuk posko banjir. (Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini