Sukses

VIDEO: DAM Jebol, Warga Khawatir Lahar Dingin Merapi

Induk dam Kaliworo jebol pada bagian dasar pondasi sehingga air tidak mengalir melalui gorong-gorong.

Ribuan warga di sekitar aliran Kaliworo, Klaten, Jawa Tengah, terancam luapan lahar dingin bila sewaktu-waktu terjadi banjir. Sebab DAM atau bendung induk penahan lahar dingin Kaliworo jebol akibat terjangan banjir lahar dingin Gunung Merapi.

Pantauan Liputan 6 SCTV, Minggu (27/1/2013), dam induk penahan lahar dingin di Desa Sukorini, Kecamatan Manis Renggo, Klaten, Jawa Tengah, tampak jebol di bagian dasar pondasi. Air mengalir melalui dasar pondasi bukan melalui gorong-gorong yang ada di tengah dam. Warga khawatir dam jebol lebih parah bila terjadi banjir lahar dingin datang.

Jebolnya dam induk penahan lahar dingin ini diduga akibat penambangan pasir dengan alat berat beberapa tahun lalu. Ribuan warga di dua desa yaitu Desa Sukorini dan Borangan yang berada di sekitar aliran kaliworo kini terancam banjir lahar dingin.

Menyikapi hal ini Kepala BPBD Klaten Sri Winoto berjanji segera memperbaiki dam. "Kita akan mengecek dan segera memperbaiki dam tersebut agar bisa menahan banjir lahar dingin," ujarnya.

Banjir besar dari Puncak Merapi memang belum pernah terjadi. Namun, pemerintah diminta segera memperbaiki kerusakan dam induk dam ini agar warga terhindar dari marabahaya akibat banjir lahar dingin. (Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.