Sukses

Diusir Warga Karena Dituduh Santet, Ali Tantang Sumpah Pocong

Ali, pria yang dituduh punya ilmu santet menolak diusir warga. Ia berani sumpah pocong untuk membuktikan dirinya tak bersalah.

Isu dukun santet yang dulu pernah merebak di Banyuwangi, Jawa Timur, mulai ramai lagi dipergunjingkan warga. Seorang pria pun diusir warga lantaran dicurigai memiliki ilmu santet.

Dengan mengendarai sejumlah truk dan sepeda motor, ratusan warga Desa Tembokrejo, Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (26/1/2013), mendatangi kantor desa. Sambil meneriakkan yel-yel, mereka menuntut AL alias Ali yang juga warga setempat, diusir paksa keluar desa karena dituduh memiliki ilmu hitam atau santet.

Agar tidak terjadi anarkis, aparat kepolisian dan TNI melakukan proses mediasi. Namun, perwakilan warga menolak. Mereka menuntut tertuduh tetap dikeluarkan dari desa secepatnya. Mereka menuding AL sebagai penyebab banyaknya warga yang sakit mendadak dan tidak bisa terdeteksi secara medis. Warga yang sakit mengaku sering bermimpi didatangi tertuduh.

Aparat pun mendatangkan tertuduh ke balai desa untuk dipertemukan warga dengan penjagaan. Di hadapan warga tertuduh tidak bersedia keluar dari desa, bahkan ia bersedia untuk disumpah pocong. Warga pun menyanggupi permintaan tertuduh yang akan dilaksanakan hari Jum'at depan. Warga juga sudah menyiapkan kain kafan dan peralatan mandi jenazah yang juga ikut dibawa ke kantor desa.

Beberapa warga sempat emosi karena tertuduh tidak langsung diusir dari desa. Namun, setelah mendapatkan penjelasan dari perwakilan warga mereka pun membubarkan diri. Akibat aksi ini sejumlah pagar kantor desa rusak. (Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini