Sukses

Hindari Celaka, Ini Tips Berkendara di Musim Hujan

Pascabanjir sebagian besar jalan rusak parah. Bahkan, banyak lubang yang telah memakan korban jiwa.

Pascabanjir sebagian besar jalan rusak parah. Bahkan, banyak lubang yang telah memakan korban jiwa. Musim hujan saat ini memang mengharuskan pengendara lebih berhati-hati agar nyawa tidak melayang sia-sia.

Akibat tidak memperhatikan lubang yang menganga di Jalan Sutoyo, Cililitan, Jakarta Timur, kakak beradik pengendara motor terpental ke busway dan tersambar bus transjakarta hingga tewas.

Agar hal serupa tak terjadi pada Anda, berikut adalah tips aman berkendara di musim hujan seperti saat ini:

1. Waspadai banyak lubang di tengah jalan

Lubang-lubang memang banyak ditemukan di banyak ruas jalan di Jakarta. Menunggu perbaikan yang dilakukan Pemda DKI Jakata, kehati-hatian sangat diperlukan bagi tiap pengendara khususnya roda dua.

2. Menyalakan lampu utama saat hujan

Di tengah hujan sebaiknya menepi. Tetapi kalau harus terpaksa menembus hujan, maka nyalakan lampu utama untuk menambah penerangan dan tanda bagi pengendara lainnya.

3. Gunakan jas hujan dengan benar

Penggunaan jas hujan yang baik merupakan sebuah keharusan. Pastikan semua dikenakan dengan benar. Jangan menggunakan jas hujan jenis ponco. Jika sudah, jangan lupa untuk mengenakan kembali helm anda.

4. Gunakan pelindung sepatu yang anti-slip

Alangkah lebih baik lagi jika anda menggunakan pelindung sepatu. Selain mencegah sepatu anda basah, alat ini juga menghindarkan ada terselip, seperti jika anda hanya menggunakan sandal saja. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini