Sukses

PDIP: Selama 100 Hari, Jokowi Bangkitkan Optimisme Warga

Jokowi dinilai telah membangkitkan optimisme warga Jakarta untuk dapat menjadikan ibukota lebih baik dari sebelumnya.

Joko Widodo telah melewati masa 100 hari pertamanya sebagai Gubernur DKI Jakarta. Selama itu pula, pria yang akrab disapa Jokowi ini dinilai telah membangkitkan optimisme warga Jakarta untuk dapat menjadikan ibukota lebih baik dari sebelumnya.

Menurut Wasekjen DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah, keberhasilan kerja Jokowi belum bisa dinilai hanya dalam waktu 100 hari, karena kalau ukuran kinerja harus 5 tahun sesuai dengan periodenya. Masa 100 hari pertama ini, hanya bisa digunakan sebagai parameter awal apakah Jokowi mampu melaksanakan tugas pokoknya sebagai Gubernur DKI Jakarta selama 5 tahun.

"Satu hal yang kita rasakan dari musibah banjir yang dialami warga Jakarta, Jokowi mampu memberikan rasa optimisme, terutama solidaritas dan kesabaran masyarakat Jakarta yang dilihat dari gotong royong bersama. Itu karena Jokowi memberi sauri tauladan di mana dia terjun langsung baik secara fisik dan secara pemikirna dalam menyelesaikan problem banjir tersebut," ungkapnya saat dihubungi di Jakarta, Kamis (23/1/2013).

Ia menegaskan, seringnya Jokowi diekspos media hanya sebagai kebetulan saja. Sebab, Jokowi tidak mengundang media, tapi justru media lah yang memburu mantan Walikota Solo itu.

"Sehingga harus dihindari antara yang kerja sungguh-sungguh dengan pencitraan. Tentu Dia kan tidak mengajak teman-teman media dalam membetulkan tanggul, banjir dan sebagainya, oleh karena itu muncul beberapa tantangan dari beberapa tanggapan pengamat yang kami monitor selaku partai pengusung Jokowi, itu responsnya positif. Dan respons positif ini akan menjadi modal dalam meningkatkan kinerjanya selesaikan berbagai persoalan di Jakarta," paparnya.

Karena itu, sambungnya, tanpa dukungan masyarakat Jakarta, sehebat apa pun Jokowi dalam melaksanakan tugas sebagai Gubernur, tentu tidak akan maksimal.

"Jadi kesimpulannya, 100 hari kinerja Jokowi ini tanggapan masyarakat cukup baik, respons masyarakat positif. Sense of group masyarakat Jakarta ini terbentuk sehingga bisa jadi modal sosial bagi Jokowi untuk mengajak masyarakat Jakarta membangun solidaritas masyarakat Jakarta," imbuhnya. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini