VIDEO: Tanker Karam, Perairan Batam Dicemari Solar

  • Peristiwa
  • 0
  • 24 Jan 2013 02:38

tongkang-karam130123d.jpg
Angin kencang disertai gelombang tinggi kembali menerjang perairan Batam, Kepulauan Riau. sebuah kapal tanker bermuatan solar pun karam dan nyaris tenggelam akibat dihantam ombak.

Pantauan Liputan 6 SCTV, Rabu (23/1/2013), posisi kapal tanker Systemindo Perdana nyaris tenggelam di perairan pulau Mengkada Kecamatan Bulang, Kota Batam. Tanker bermuatan solar ini semula sedang lego jangkar, namun tiba-tiba dihantam angin kencang disertai gelombang tinggi. Kapal tersebut langsung karam.

Akibatnya, muatan kapal yang berisi solar itu tumpah dan mencemari laut di sekitarnya. Sejumlah nelayan pun memprotes kapten maupun anak buah kapal yang karam itu terkait tumpahnya solar ke laut. Namun tak satu orang pun yang bisa ditemui untuk mengklarifikasi hal tersebut. Nelayan mendesak pemilik kapal segera menarik kapal ke lokasi aman, sehingga tumpahan solar tidak meluas.

Sementara itu di perairan Pulo Merak, Cilegon, Banten, sebuah kapal tongkang juga nyaris tenggelam akibat dihantam gelombang tinggi. Kapal tersebut juga terseret ke bagian pesisir pantai sebelum menghantam karang dan urugan batu.

Akibat hantaman keras itu lambung kapal mengalami kebocoran. Upaya sejumlah kapal Tugboat untuk mengevakuasi kapal yang karam itu mengalami kesulitan karena kondisi kapal nyaris tenggelam dan sudah dipenuhi air laut.

Tim evakuasi dari Polair Polda Banten dan Adpel Banten mengaku sulit mengevakuasi kapal yang sudah mengalami kerusakan parah dan terendam air. Tidak ada korban dalam peristiwa ini karena seluruh ABK selamat. (Hans/Adi)

Terpopuler