Sukses

6 Gaya Busana Jokowi Selama 100 Hari Pertama Kerjanya

Seperti apakah gaya busana Jokowi setelah memimpin ibukota selama 100 hari pertamanya?

Selama kampanye Pilkada DKI Jakarta 2012, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) kerap tampil dengan kemeja bermotif kotak-kotak. Namun, seperti apakah gaya busana Jokowi setelah memimpin ibukota selama 100 hari pertamanya?

1. Kemeja putih



Kemeja putih berlengan panjang yang digulung, merupakan baju yang kerap dipakai Jokowi. Hampir setiap kali blusukan, ia mengenakan kemeja putih polos itu. Seperti saat mengunjungi korban banjir Pluit pada Sabtu 19 Januari 2013 lalu.

2. Batik Korpri



Batik Korpri, tak hanya dikenakan Jokowi untuk bekerja di Balaikota Jakarta saja. Batik berwarna biru ini juga sempat dipakai Jokowi untuk 'nyemplung' ke gorong-gorong di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Rabu 26 Desember 2012 lalu.

3. Seragam Linmas



Saat Presiden SBY mengumpulkan sejumlah pejabat kementerian dan 33 kepala daerah untuk menerima Daftar Isian Penggunaan Anggaran (DIPA) 2013 di Istana Negara, Jakarta, Senin 10 Desember 2012 lalu, seluruh pejabat yang hadir mengenakan pakaian safari. Saat itu, hanya Jokowi yang tampil dengan seragam Perlindungan Masyarakat (Linmas) berwarna hijau tua itu. Gaya berbeda Jokowi pun mendapat respons dari Presiden SBY. Saat menyerahkan DIPA kepada mantan wali kota Solo itu, Presiden SBY nampak tersenyum melihatnya.

4. Kemeja berjaket



Pada Kamis 17 Januari 2013, Jakarta dikepung Banjir. Saat mengumumkan status ibukota darurat banjir, Jokowi mengenakan kemeja dibalut jaket. Sebelum memberi pengumuman, Jokowi dengan pakaian yang sama sempat terjebak banjir kala menuju Balaikota. Bahkan, di hari yang sama, pada sore harinya, Jokowi memantau banjir di Bundaran HI dengan naik gerobak dan busana yang sama.

5. Setelan Jas



Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, pada Selasa 30 Oktober 2012, menghadiri acara penandatanganan nota kesepahaman dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Saat memberi sambutan, ia mengaku salah kostum hadir di acara tersebut. Sebab, tamu lain menggunakan batik, dan hanya dia yang mengenakan setelan jas hitam. "Saya sepertinya salah kostum. Yang lainnya pakai batik, saya saja yang pakai jas," ujar Jokowi yang langsung disambut tawa dari para undangan.

6. Baju adat Betawi



Meski bukan orang Betawi, sebagai Gubernur DKI Jakarta, Jokowi begitu mencintai budaya suku asli ibukota itu. Ia pun membuat kebijakan agar di hari-hari tertentu, semua PNS di Balaikota, Jakarta, mengenakan baju adat Betawi. Tak terkecuali dirinya dan sang Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama. Seperti saat meresmikan 4 panti sosial di Jakarta, Rabu 23 Januari 2013 ini, Jokowi dengan santai mengenakan baju koko putih dengan sarung merah yang bergantung di leher serta peci hitam ala pemuda Betawi.

(Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.