Sukses

VIDEO: 4 Rumah di Cihampelas Rusak Akibat Longsor

Longsornya tebing itu dipicu hujan deras yang melanda kawasan tersebut beberapa hari terakhir.

Sebanyak 4 rumah di kampung Cihampelas Lebak, Kabupaten Bandung rusak parah akibat sebuah tebing yang longsor.

Dari informasi yang dihimpun Liputan 6 SCTV Selasa (22/1/2013), beberapa rumah yang lokasinya berada di ketinggian juga terancam ambruk karena pondasi bangunan rumah mulai ambrol.

Longsornya tebing itu dipicu hujan deras yang melanda kawasan tersebut beberapa hari terakhir. Tebing yang berada di sekitar perkampungan warga tiba-tiba longsor karena tidak mampu menahan curah hujan yang terjadi hampir setiap hari.

Pasca musibah longsor tersebut, warga setempat bersama-sama membersihkan perkampungan mereka yang tertimbun longsoran tanah. Sedangkan warga yang rumahnya terlanjur rusak, terpaksa mengungsi di rumah kerabat terdekat.

Serupa dengan yang kejadian di Bandung, tebing longsong juga terjadi di Sleman, Yogyakarta. Tebing setinggi 7 meter tersebut runtuh karena terus menerus diguyur hujan deras.

Akibatnya akses jalan dua desa di wilayah tersebut, yakni desa Sambirejo dan desa Gayam Maju, terputus. "Akses jalan yang putus menghambat kegiatan warga," ujar Kepala Dukuh Sambirejo, Suharto.

Di lokasi tersebut, masih terdapat sebuah bekas longsoran yang menggantung. Warga pun khawatir jika hujan kembali mengguyur, tanah tersebut akan longsor dan kembali menutup akses jalan.

Untuk itu, rencananya warga akan bergotong royong membersihkan sisa-sisa longsoran, terutama longsoran yang masih menggantung agar tidak mengancam akses jalan utama kedua desa. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.