Ini 6 Kejahilan Jokowi Selama 100 Hari Jadi Gubernur DKI

  • Peristiwa
  • 0
  • 23 Jan 2013 00:07

jokowi-naik-gerobak130117b.jpg
Gubernur DKI, Jokowi, memang terkenal sebagai sosok yang ramah. Seringkali ia juga mengeluarkan kalimat-kalimat guyonan atau melakukan aksi yang bisa mengundang tawa di tengah-tengah wawancara bersama wartawan.

Penasaran dengan kejahilan Jokowi selama 100 hari menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta? Berikut ini 6 kejahilannya yang berhasil dihimpun Liputan6.com Rabu (23/1/2013):

1. Gemuk

Pada 18 Januari 2013 lalu, Gubernur Jokowi mengecek lokasi tanggul jebol di Jalan Latuharhary. Ia terlihat mengenakan 3 lapis pakaian, yaitu kemeja putih, jaket kulit berwarna cokelat, dan jas hujan berwarna biru di tengah hujan gerimis.

Saat berjalan menyusuri rel kereta, seorang wartawan tiba-tiba bertanya,"Pak, jaketnya bagus."

"Iya dong," jawab Jokowi.

"Kok jaketnya 2, Pak?"

"Ya, saya pakai 3 lapis ini (pakaian) supaya kelihatan gemuk," jawab Jokowi sambil memperbaiki letak jaketnya yang disambut tawa wartawan.

"Sudah ah. Serius. Serius," lanjutnya.

2. Menggerakkan Bibir Tanpa Suara

Di tengah keseriusannya memantau pengerjaan tanggul jebol di Latuharhary pada 19 Januari 2013, Gubernur Jokowi menyempatkan bercanda dengan beberapa awak media yang setia mengikutinya.

"Pak, apa kendalanya terkait koordinasi dengan Banten dan Jawa Barat?" tanya seorang wartawan saat wawancara.

Jokowi terlihat hanya menggerak-gerakkan mulutnya seperti berkata sesuatu tanpa mengeluarkan sepatah kata pun. Melihat itu, beberapa wartawan kebingungan. Lalu kembali bertanya. Namun Jokowi malah mengulang lagi gerakan mulutnya yang seolah-olah sedang berbicara. Kontan saja semua wartawan yang serius menunggu jawaban mantan Walikota Solo tersebut, tertawa.

"Ini saya nggak ngomong kok," ujar Jokowi sambil terkekeh.

3. BeTe dan Ciyus

Selasa, 22 Januari 2013, Gubernur Jokowi yang biasanya sibuk, menyempatkan diri melayani wawancara wartawan dengan santai di ruang tamu Balaikota. Ketika menjawab salah satu pertanyaan tentang apa yang membuatnya tidak semangat bekerja, Jokowi lalu memberikan jawaban yang tidak disangka-sangka.

"Kalau pas B sama pas T, ya bete. Ciyusss..." canda Jokowi. "Ciyus ini," tambah Jokowi lagi.

Sontak saja semua wartawan yang hadir tertawa karena tidak menduga Gubernur DKI tersebut mengetahui salah satu bahasa gaul anak muda yang sedang tren saat ini.

4. Tidur

Pada setiap akhir wawancara dengan Jokowi, awak media pasti menyempatkan bertanya tujuan selanjutnya Gubernur DKI Jakarta tersebut. Terlebih jika Jokowi telah bersiap memasuki mobil Kijang Innova hitamnya, pertanyaan 'mau kemana' selalu dilontarkan kepadanya. Mungkin lelah dengan pertanyaan yang sama, Jokowi akhirnya memilih 1 jawaban 'ampuh'.

"Pak setelah ini mau kemana?"

"Tiduuuur," jawab Jokowi dengan santai. Melihat beberapa wartawan menahan senyum, ia kembali menegaskan sambil terkekeh,"Saya ini kalau ditanya mau kemana, bikin apa, ya saya jawab tidur aja."

5. Ekspresi kaget

Gubernur DKI Jakarta yang akrab disapa dengan sebutan Jokowi, juga senang melontarkan kalimat-kalimat candaan pendek di tengah wawancara dengan media di beberapa kesempatan. Keisengannya seperti membuat ekspresi mengagetkan juga sering dilakoninya.

"Itu, itu, hape siapa yang jatuh?" tanya Jokowi sambil menunjuk arah bawah. Seketika saja beberapa wartawan mengalihkan pandangan ke lantai, namun ternyata tidak terlihat telepon genggam yang jatuh. Tak lama kemudian terdengar tawa khas Jokowi sambil mengangkat-angkat bahunya.

Ataupun ketika wartawan menyerbu bertanya hingga menempel ke pintu mobilnya, Jokowi tiba-tiba menunduk dan bertanya,"Eh, kaki siapa itu yang kejepit?". Tentu saja tidak ada kaki yang terjepit dan para wartawan serentak tertawa.

6. Diam

Selain kalimat guyonan, salah satu kebiasaan Jokowi yang sering membuat wartawan tertawa, yaitu diam. Ia kerap kali terdiam di tengah-tengah wawancara sambil matanya satu-persatu memandangi wartawan yang terbengong-bengong menunggu jawabannya. Aksi diamnya terkadang cukup lama sehingga wartawan harus bertanya sekali lagi untuk mendapatkan jawaban. Namun Gubernur DKI itu terkadang sama sekali tidak menjawab pertanyaan yang menyebabkan wartawan hanya bisa tertawa serentak. (Tnt)

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler