Sukses

Ratusan Rumah di Penjaringan Masih Terendam

Ratusan rumah masih terendam di Kampung Lodan, Kelurahan Ancol, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Ratusan rumah masih terendam di Kampung Lodan, Kelurahan Ancol, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Banjir merendam kawasan tersebut sejak Kamis 17 Januari 2013.

Ketinggian air, saat ini, Selasa (22/1/2013) siang, sekitar 50 cm dari sebelumnya yang mencapai ketinggian sekitar 100 cm. Ada 8 RT yang terendam di RW 08, diantaranya RT 02, 05, 06, 07, 08, 09, 10 dan 11.

"Banjir selutut sekarang," ujar Machbudi, warga RT 02 RW 08, Kelurahan Ancol, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Kendati demikian, kata Muchtadi, pada umumnya warga enggan mengungsi ke posko. Mereka lebih memilih bertahan di rumah mereka selama air masih setinggi dada orang dewasa. Mereka menganggap banjir yang mengepung rumah mereka masih aman.

"Kalau daerah sini, mereka enggak mau pindah, karena enggak mau repot. Mulai 2002, 2007, 2013, enggak ada yang mau mengungsi. Mungkin mereka bertahan karena berpikir air masih pada ambang batas mereka semeter," jelasnya.

Saat ini, lanjut dia, posko dan dapur umum sudah dibangun di pintu Pelabuhan Sunda Kelapa. Gudang penampungan kayu milik warga digunakan sebagai penampungan logistik bantuan.

"Kemarin dari Dinas Sosial Jakarta Utara. Belum ada tindakan medis dan posko kesehatan," ujarnya.

Banjir kali ini, tutur Muchtadi, jauh lebih parah ketimbang banjir sebelumnya. Sebab, sejak Kamis pekan lalu, banjir masih banyak menggenangi perkampungan ini.

Lebih lanjut, Muchtadi mengatakan, banjir ini diduga disebabkan karena air tidak mampu tertampung lagi di sungai, karena adanya proyek pembangunan air yang saat ini belum rampung. Pintu air ini nantinya dapat mengurangi banjir di kawasan ini.

"Aliran ini tembusannya ke Sunda Kelapa. Salah satunya proyek Pintu Air Sunda Kelapa. Kalau penuh disedot ke laut," ujar pria yang mengalami 3 kali banjir sejak 2000 lalu ini. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini