Sukses

VIDEO: Akibat Banjir, Harga di Pasar Naik 2 Kali Lipat

Banjir besar yang melanda ibukota berdampak langsung pada melambungnya harga kebutuhan bahan pokok di pasar-pasar tradisional.

Banjir besar yang melanda ibukota berdampak langsung pada melambungnya harga kebutuhan bahan pokok di pasar-pasar tradisional. Di pasar regional Jatinegara atau lebih dikenal dengan Pasar Mester, Jakarta Timur, harga sejumlah bahan pokok mengalami kenaikan.

Begitu pula di pasar tradisional Depok, harga sayur mayur termasuk cabe dan bawang naik hampir 2 kali lipat harga normal. Banjir yang mengepung ibukota, tak hanya berdampak pada seluruh aktivitas warga, namun juga mempengaruhi harga kebutuhan pokok termasuk sayur mayur.

Dari pantauan di pasar tradisional Jatinegara dan Pasar Depok, Jawa Barat, kebutuhan dapur seperti cabe merah, cabe hijau, cabe keriting, bawang, tomat, dan telur mengalami kenaikan harga bervariasi. Kisaran kenaikan mulai dari 15 hingga 20 persen.

Sementara pedagang beras mengaku belum bisa menentukan harga karena pasokan dari karawang masih terhambat akibat banjir. Harga sayur yang mengalami kenaikan adalah sawi, kol, wortel, dan labu.

Begitu juga dengan berbagai jenis cabai, yakni cabai merah dan cabai rawit. Harga cabai merah dari Rp 17 ribu per kilogram, kini Rp 23 ribu per kilogram. Sementara cabe rawit menembus angka Rp 30 ribu per kilogram. Hal ini memaksa konsumen memutar otak.

Akibat kenaikan harga, situasi pasar tak seramai hari-hari biasanya. Kondisi ini berdampak pula pada omzet pedagang yang mengalami penurunan. (Frd)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini