Sukses

VIDEO: Lapas 2 B di Jambi Ricuh, 54 Napi Kabur

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 2 B, Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Barat, Jambi, ricuh. Sebanyak 54 tahanan kabur.

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 2 B, Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Barat, Jambi, ricuh. Sebanyak 54 tahanan kabur. Petugas lapas yang hanya berjumlah 6 orang tak mampu mencegahnya.

Keributan itu terjadi sejak Sabtu 19 Januari 2013 lalu. Pemicunya adalah pengetatan pengawasan petugas lapas terhadap warga binaan, antara lain pengetatan penggunaan telepon genggam dan pengawasan ketat terhadap narkoba. Pengetatan ini dilakukan sebagai pelaksanaan PP Nomor 99 Tahun 2012 tentang pengaturan lapas bebas telepon genggam dan narkoba.

Kerusuhan terjadi saat jatah makan sore dibagikan. Saat itu sebanyak 288 penghuni lapas ini berontak. Sebanyak 6 petugas lapas yang ada tidak sanggup mengendalikan situasi. Dalam kerusuhan ini, 70 napi dan tahanan kabur ke luar lapas. Sedangkan 16 di antaranya kembali masuk. Situasi baru reda setelah sejumlah polisi dan TNI datang.

Penghuni menilai, petugas Lapas Kelas 2 B, Kuala Tungkal, sudah tidak memperlakukan warga binaan dengan manusiawi, mereka bahkan dipersulit untuk melakukan ibadah.

Suasana Lapas Kuala Tungkal kini telah terkendali. Polisi dan petugas lapas kini tengah memburu 54 narapidana dan tahanan yang kabur. (Frd)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini