Sukses

Melongok Basement 1 Plaza UOB Lebih Dalam: Porak-poranda

Suasana masih sangat becek dan penuh lumpur masih di sejauh mata memandang.

Manajemen gedung Plaza UOB kembali mengizinkan peliput untuk melihat kondisi basement 1 lebih dalam. Setelah sebelumnya akhir pekan lalu, hanya diizinkan untuk melihat "bibir" basement 1. 

Pantauan Liputan6.com, suasana basement 1 gedung Plaza UOB itu sangat porak-poranda. Begitu masuk, di sisi kiri terdapat ruang sekuriti, lorong, dan ada ruang kontrol listrik.

Di ruang sekuriti terlihat sepasang sepatu dan satu sepatu hitam yang kehilangan pasangan. Suasana masih sangat becek dan penuh lumpur sejauh mata memandang.

Di dekat ruang kontrol listrik terdapat turunan mobil menuju ke basement 2. Tembok turunan mobil ini terlihat ambruk akibat tak kuat menahan derasnya air.

Di bagian kanan, tak jauh dari situ ada ruang kontrol komputer dan lift satu pintu. Di sisi dalam ini terdapat banyak ruangan seperti food court, klinik, laundry, dan gereja. Di bagian lokasi ini, manajemen gedung melarang peliput masuk lebih dalam.

Sedangkan di sisi kanan basement ini terdapat pintu tangga darurat. Di balik pintu darurat itu terhampar luas parkiran mobil. Pintu darurat ini memang dikelilingi areal parkir mobil.

Bila melirik di bagian pojok kanan terlihat eskalator menuju lantai atas. Eskalator ini telah menyelamatkan Tri Santoso. Sedangkan Tito, selamat karena bergelantungan di bagian rongga tempat kabel-kabel listrik. Saat ini bagian itu sudah hancur lebur.

Saat ini sudah sekitar 20 mobil dievakuasi. Tim evakuasi yang mengerahkan pegiat off road cukup kesulitan menarik mobil yang terendam.

"Kendala evakuasi mobil, itu sangat sulit karena medannya sangat licin, pengap, dan lokasi sangat sempit. Banyak gas beracun dari kendaraan," kata GM Manager UOB Ferry Pantau. (Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.