Sukses

Pohon, Lemari, Kasur Ngambang Kali Ciliwung Pasca-Banjir

Sampah-sampah sisa banjir yang hampir sepekan ini mengepung Jakarta pun banyak tersangkut di jembatan Kali Ciliwung yang menghubungkan Rawajati, Jakarta Selatan dengan Cililitan Kecil, Jakarta Timur.

Banjir telah surut, namun aliran air di Kali Ciliwung yang melintasi jembatan layang di Kalibata, Jakarta Selatan masih deras. Sampah-sampah sisa banjir yang hampir sepekan ini mengepung Jakarta pun banyak tersangkut di jembatan Kali Ciliwung yang menghubungkan Rawajati, Jakarta Selatan dengan Cililitan Kecil, Jakarta Timur.

Batang pohon, bambu, dan endapan busa masih tersangkut, menghiasi permukaan Kali Ciliwung. Tak cuma itu, segala perkakas rumah tangga seperti kasur, dan lemari tampak mengambang.

"Rencananya sih mau dibersihkan sampah-sampahnya. Tapi belum tahu kapan akan dilakukan pemerintah. Kemarin sempat dilakukan pembersihan sampah itu waktu banjir besar. Tapi dengar-dengar nunggu benahi kabel-kabel itu dulu," kata salah seorang warga Gang Pelangi, Kali Ciliwung, Rawajati RT 02/07 Wisnu di Jakarta, Senin (21/1/2013).

Pantauan Liputan6.com, sebuah jembatan kecil yang menahan kabel listrik yang cukup besar ambruk. Sementara beberapa pekerja PLN tengah melakukan upaya pembenahan kabel listrik yang mengantung di atas Kali Ciliwung tersebut.

Sementara Dinas Kebersihan Pemprov DKI Jakarta masih belum terlihat di lokasi. Hanya ada beberapa pekerja bangunan yang terlihat menata bebatuan untuk menahan longsoran tanah di bibir Kali Ciliwung. Sedangkan 2 unit belko untuk mengeruk tanah hanya terparkir saat ini.(Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.