Sukses

Evakuasi Korban Banjir di Pluit Terus Berlangsung

Sekitar 3 ribu jiwa di kawasan Pluit, Jakut, diperkirakan terperangkap banjir. Luasnya areal yang tergenang banjir setinggi 2 meter menyulitkan proses evakuasi.

Sekitar 3 ribu jiwa diperkirakan terperangkap banjir di kawasan Pluit, Jakarta Utara. Luasnya areal yang tergenang banjir setinggi 2 meter menyulitkan proses evakuasi. Karena itu proses tersebut memakan waktu cukup lama.

Hingga Minggu (20/1/2013), proses evakuasi masih berlangsung. Anak-anak dan orang tua yang sudah melemah kondisinya dibawa keluar dari hunian mereka. Warga lain juga membawa hewan peliharaan karena tak tega terjebak banjir.

Hari ini Marinir juga turun tangan membantu warga dengan mengerahkan kendaraan amfibi. Dengan begitu proses evakuasi bisa dipercepat. Sesampainya di tempat kering, tenda-tenda bantuan menanti warga yang sudah lama kehabisan makanan dan air bersih.

Para relawan pun berupaya mengantarkan bahan makanan kepada para korban banjir yang terjebak di rumah. Tapi hal itu pun tak mudah, mengingat lokasi yang sulit untuk dicapai.

Waduk Pluit menerima aliran dari Kali Cideng dan beberapa sungai yang banjir. Panel 2 pompa banjir berkapasitas 35 m3/detik dan 4 m3/detik di Waduk Pluit terendam banjir dan tidak beroperasi. Akhirnya banjir meluas karena pasokan debit ke Waduk Pluit terus terjadi, sementara pembuangan air tidak berjalan.(Ais)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini