Sukses

VIDEO: Masih Ada 1.000 Korban Banjir Pluit Belum Dievakuasi

Sejauh ini masih ada 1.000-an warga di kawasan Pluit, Jakut, yang belum dievakuasi. Kebanyakan dari mereka adalah warga yang tinggal di apartemen.

Tingginya debit air dari Kali Ciliwung dan Kali Angke menyebabkan Waduk Pluit meluap. Akibatnya sejumlah perumahan tak jauh dari lokasi waduk terendam.

Pantauan SCTV, Minggu (20/1/2013), banjir masih 'menelan' Pluit. Derasnya air yang masuk ke Waduk Pluit menyebabkan sejumlah pompa air tidak bekerja maksimal.

Padahal pompa itu berfungsi sebagai penyedot kelebihan air yang kemudian akan dibuang ke laut. Sementara sebagian lainnya sengaja dimatikan untuk mencegah korsleting listrik.

Kawasan elit itu terendam air dengan ketinggian berkisar antara 50 centimeter hingga 2 meter. Sejauh ini masih ada 1.000-an warga yang belum dievakuasi. Kebanyakan dari mereka adalah warga yang tinggal di apartemen.

Sementara keadaan di sana belum kondusif. Listrik padam, krisis air bersih, dan kekurangan bahan makanan masih dirasakan pengungsi. TNI pun mengerahkan sejumlah truknya untuk membantu mendistribusikan logistik dan bahan makanan ke posko-posko pengungsian.

Gubernur Jokowi sempat mengunjungi kawasan Waduk Pluit. Menurut Jokowi, satu masalah besar di Pluit yaitu kurangnya pompa-pompa penyedot. Selama pompa tidak dapat beroperasi, air yang menggenangi daerah Pluit akan sulit surut.(Ndy/Ais)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini