VIDEO: Banjir di Pluit

on

Memasuki hari keempat banjir besar yang menerjang jakarta, kawasan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, masih terendam. Banjir ini disebabkan meluapnya waduk Pluit yang tidak mampu menampung debit air hujan.

Pantauan SCTV, Minggu (20/1/2013), banjir yang menggenangi kawasan bisnis dan perumahan di Pluit mencapai sekitar 1,5 meter. Ratusan rumah dan sejumlah mobil yang diparkir di garasi maupun di depan rumah masih terenam hingga menutupi atap kendaraan. Tidak banyak aktivitas yang bisa dilakukan warga selain menunggu evakuasi dan bantuan tim SAR.

Perekonomian juga lumpuh akibat listrik masih padam dan air bersih belum tersedia. Terlebih, PLTU di Muara Karang belum bisa beroperasi. Untuk masuk maupun keluar dari kawasan ini, warga harus menyewa kapal yang disediakan nelayan sekitar.

Sebagian warga juga mulai mengungsi baik menggunakan perahu sewaan, bantuan petugas tim SAR maupun berjalan kaki menyeberangi banjir menuju ke tempat kering.

Luasnya daerah yang terdampak membuat tim SAR gabungan juga kesulitan mengevakuasi seluruh warga maupun menyalurkan bantuan bagi korban banjir.

Selain akibat luapan air dari waduk Pluit, banjir ini juga diakibatkan sejumlah pompa rusak sehingga tidak bisa membuang luapan air ke laut. (Adi)
Suka artikel ini?

0 Comments