Sukses

Banjir Kepung Jakarta, Sejumlah Rute KRL Terputus

Banjir mengepung ibukota. Lalu lintas di titik-titik banjir di Jakarta pun melumpuh, tak terkecuali kereta api.

Banjir mengepung ibukota. Lalu lintas di titik-titik banjir di Jakarta pun melumpuh, tak terkecuali kereta api. Hampir sepekan ini, perjalanan KRL Commuter Line se-Jabodetabek mengalami ganguan.

Humas PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) Eva Chairunisa menuturkan, beberapa stasiun tak bisa dilintasi kereta api. Rute KRL dari Bogor ke arah Bekasi, harus terhenti di Stasiun Manggarai. Ini disebabkan tergenangnya Stasiun Jakarta Kota dan Stasiun Sudirman.

"Sementara lintas Serpong/PRP harus mengakhiri perjalanan di Stasiun Palmerah karena Stasiun Tanah Abang yang terendam banjir," kata Eva di Jakarta, Jumat (18/1/2013).

Semua rute yang mengarah ke Tangerang juga dibatalkan karena dampak dari banjir di wilayah Bojong Indah. Tak hanya itu, KRL feeder Jakarta Kota menuju Kampung Bandan juga tak bisa berfungsi seperti biasanya karena banjir yang terjadi di Kampung Bandan.

"Selain itu, lintas loopline sendiri tidak ada perjalanan, karena dampak dari Banjir di Stasiun Tanah Abang dan Stasiun Sudirman," imbuh dia.

Ia mengaku, hanya satu feeder yang difungsikan hari ini, "yaitu rangkaian Jatinegara-Kemayoran dan sebaliknya."

Sementara, akibat banyak stasiun yang tidak berfungsi, jumlah penumpang pun menurun. Dari 400 ribu penumpang per hari, kini hanya tersisa 55,5 persennya.  (Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.