Kabar Banjir Lumpuhkan Jakarta Menyebar Seantero Dunia

on Jan 17, 2013 at 15:39 WIB

Jakarta, ibukota sekaligus kota terpenting di Indonesia tak berdaya menghadapi banjir. Nyaris lumpuh. Ribuan rumah kebanjiran, jalan-jalan protokol tergenang air, Istana Negara dan Balaikota tempat Gubernur Jokowi berkantor terancam terendam.

Musibah yang menimpa Jakarta, tak hanya jadi trending topic di situs mikroblog Twitter, #prayforJakarta, tapi juga menjadi sorotan dunia.

Situs Radio Australia (ABC) menayangkan berita berjudul, "Jakarta floods leave hundreds of thousands homeless", tentang banjir Jakarta yang memaksa ratusan ribu penduduknya mengungsi. Berita senada ditayangkan situs Al Jazeera dengan judul, "Thousands evacuated amid Jakarta floods" dilengkapi foto ibu-ibu yang dievakuasi menggunakan ban pelampung.

"Pejabat menyebut empat orang tewas akibat banjir, yang menerjang rumah, kantor, sekolah , dan jalanan di kota berpenduduk 14 juta," demikian laporan reporter Al Jazeera,  Step Vaessen dari Jakarta.

Kabar banjir Jakarta dan derita warganya juga diketengahkan situs Bloomberg Businessweek, Press TV, Wall Street Journal, Strait Times -- yang menayangkan foto evakuasi banjir, di mana gerobak melaju di jalanan protokol, menggantikan mobil dan kendaraan bermotor di hari normal.

Sementara, situs MSN News UK memuat berita berjudul, "Deadly floods paralyse Jakarta", atau "Banjir mematikan lumpuhkan Jakarta".

Sebelumnya, di Balaikota, Jokowi mengumumkan status darudat Jakarta. "Karena kondisi seperti ini, mulai hari ini sampai tanggal 27 Januari 2013, kami nyatakan posisinya tanggap darurat,' kata dia. Ancaman banjir belum berlalu.(Ein)

Credit Ein

Suka artikel ini?

0 Comments