Sukses

BMKG: Akhir Pekan, Curah Hujan Bogor & Depok Meningkat

Daerah yang mesti diwaspadai terhadap peningkatan curah hujan itu adalah wilayah Bogor dan Depok, Jawa Barat.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan curah hujan dengan intensitas tinggi masih akan terjadi dalam beberapa hari ke depan. Curah hujan juga diperkirakan akan meningkat pada akhir pekan ini.

Daerah yang mesti diwaspadai terhadap peningkatan curah hujan itu adalah wilayah Bogor dan Depok, Jawa Barat. Meski dalam waktu dua hari ke depan kondisi cuaca diperkirakan cenderung membaik.

"Peningkatan curah hujan akan terjadi pada akhir pekan ini. Dan akan terjadi khususnya di daerah Bogor dan Depok," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Soepriyono, di Gedung BMKG, Jakarta, Rabu (16/1/2013).

Sementara itu, Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Mulyono Prabowo menambahkan, hujan dengan intensitas tinggi yang menyebabkan banjir di Jakarta dalam beberapa hari terakhir disebabkan Badai Tropis Narelle. Badai itu sendiri sudah punah pada 15 Januari kemarin.

"Cuaca yang semakin meningkat dalam beberapa hari terakhir itu merupakan dampak dari munculnya Badai Tropis Narelle di perairan Barat Laut Australia," katanya.

Namun, lanjut dia, bukan berarti punahnya badai tersebut telah membuat sistem cuaca buruk mati. Melainkan, justru diperkirakan punahnya badai Narelle akan membentuk sistem cuaca yang lain.

"Badai Tropis Narelle sudah punah pada 15 Januari. Dan belum menunjukkan adanya tanda-tanda munculnya badai tropis yang baru," ujar dia. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini