Sukses

Geruduk Gedung ESDM, Buruh Tolak Kenaikan TDL

Para buruh menilai jika pemerintah menaikkan harga TDL dan gas, itu akan memberatkan perusahaan dan berdampak pada upah buruh.

Puluhan buruh berunjuk rasa di depan Gedung Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta. Sebelum aksi, para buruh yang mengatasnamakan MPBI (Majelis Pekerja Buruh Indonesia) ini berkumpul di depan gedung Wisma Antara.

Pantauan Liputan6.com, Rabu (16/1/2013), hingga pukul 13.01 WIB, sekitar 50 buruh telah merapat di lokasi itu. Dalam tuntutannya, mereka menolak kenaikan tarif dasar listrik (TDL) dan gas. Para buruh menilai jika pemerintah menaikkan harga TDL dan gas, itu akan memberatkan perusahaan dan berdampak pada upah buruh.

"Di Kementerian ESDM kita menolak adanya kenaikan TDL dan harga gas karena itu memberatkan perusahaan kami. UMP saja kita belum terima dari perusahaan, masa mau diberatkan lagi dengan kenaikkan TDL dan harga gas. Bagaimana nasib kita nanti," ujar koordinator aksi dari KSPSI DKI Jakarta, Yulius Johan, di Jakarta, Rabu (16/1/2013).

Untuk mengamankan aksi, 5 kompi Brimob dan 1 mobil Baracuda telah disiapkan. Sementara itu, kondisi arus lalu lintas di depan gedung Kementerian ESDM masih lancar lantaran demo belum berlangsung.(Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.