Sukses

VIDEO : Banjir Juga Merendam Kudus, Semarang, Banten

Tak hanya ibukota DKI Jakarta, intensitas hujan di sejumlah wilayah nusantara juga membuat sejumlah daerah terendam banjir.

Tak hanya ibukota DKI Jakarta, intensitas hujan di sejumlah wilayah nusantara juga membuat sejumlah daerah terendam banjir.

Seperti terjadi di Cilegon, Banten. Akibat luapan sungai, rumah di Keluarahan Cibeber terendam air dengan ketinggian hingga 1 meter. Tak hanya akibat Sungai Cibeber yang luber, tapi juga kiriman dari sungai lain.

Demikian juga di Kudus, Jawa Tengah. Guyuran hujan deras mengakibatkan sungai Kali Jati yang melewati Desa Bulungkulon Mejobo meluap. Kondisi ini membuat tanggul penahan air sepanjang 50 meter jebol. Air pun merendam puluhan rumah.

Ketinggian air di beberapa titik bahkan mencapai 80 sentimeter. Warga yang khawatir banjir makin meluas, berupaya menutup tanggul yang jebol dengan karung berisi tanah cadas.

Sementara, hujan deras di Semarang sejak Senin malam, mengakibatkan ratusan rumah di Tlogosari terendam banjir.

Banjir di ibukota Provinsi Jawa Tengah itu tak hanya merendam ratusan rumah. Bahkan jalan raya pun tak terhindar dari genangan air, menyebabkan sejumlah kendaraan mogok, terjebak air.

Gedung sekolah pun jadi korban banjir, sehingga menganggu aktivitas belajar-mengajar murid. "Mau masuk sekolahan, tapi banjir sekolahnya," ujar Maulana, salahsatu murid SD.

Meski sudah menjadi langganan banjir dikala musim hujan, namun belum ada upaya antisipasi agar gedung sekolah terhindar dari genangan air. Ditambah lagi saluran pembuangan air yang tidak lancar karena mampet.(Rmn/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini