Sukses

9.000 Polisi Disiapkan dalam Aksi Buruh Besok

Polda Metro Jaya Kombes menyatakan sudah menyiapkan sekitar 9.000 personil untuk mengamankan rencana unjuk rasa buruh besok.

Polda Metro Jaya Kombes menyatakan sudah menyiapkan sekitar 9.000 personil untuk mengamankan rencana unjuk rasa buruh besok.

"Kami bukan hanya berjaga di objek-objek unjuk rasa, tapi juga di pemberangkatan, jalan, tempat parkir, dan objek-objek vital lain," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto di Jakarta, Selasa (15/1/2013).

Menurut Rikwanto, para personil tersebut berasal dari gabungan Polres, Polda, BKO TNI dan Satpol PP. Menurut informasi  yang diterima polisi, para buruh dan pekerja yang menggelar unjuk rasa besok akan menuntut penghapusan sistem kerja kontrak atau outsourcing dan penolakan penangguhan pembayaran Upah Minimum Provinsi (UMP) yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Ia menambahkan, diperkirakan 3.000 buruh yang berasal dari Forum Pekerja Metal Cikarang, Kabupaten Bekasi menggelar unjuk rasa besok. Rencananya mereka akan mendatangi kantor Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, kantor Kementerian ESDM, dan sejumlah tempat lain termasuk Monumen Nasional.

Massa pengunjuk rasa akan menumpang bus dalam perjalanan menuju Jakarta. "Kalau 3.000 orang ya sekitar 60 bus," kata Rikwanto. (Yus)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.