Sukses

8 Pintu Air di Mojokerto Jebol

Sebanyak 8 pintu air jebol akibat banjir yang merendam kawasan Pacet, Mojokerto, Jawa Timur.

Hujan deras terjadi di hampir seluruh pelosok Indonesia. Dampaknya mengakibatkan banjir yang merendam kawasan Pacet, Mojokerto, Jawa Timur. Banjir bandang yang terjadi pada Minggu 13 Januari malam lalu, menyebabkan 8 pintu air jebol.

Akibat banjir bandang ini, 3 rumah warga nyaris runtuh, Senin (14/1/2013). Penyebabnya adalah tanggul di bawah rumah warga longsor hingga 50 meter. Selain itu, areal pertanian pun turut tertimbun batu dan lumpur.

Sementara aliran air yang sangat deras mengalir di sepanjang Sungai Pikatan di lereng Gunung Welirang. Kedahsyatan aliran air sungai ini pun menjadi tontonan warga setempat.

Hujan deras juga menyebabkan puluhan rumah di Tirtomartani, Sleman, Yogyakarta terendam banjir. Permukiman warga yang sebelumnya tak pernah banjir akhirnya rela tergenang air bah.

Luapan air yang terjadi diduga karena drainase yang rusak dan tersumbat. Aliran air irigasi dari sawah pun berbelok dan memasuki permukiman warga.(Ndy/Ais)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.