Sukses

Dapat Nomor 4, PDIP: Itu Bukan Nomor Keramat

Kemenangan partai tidak ditentukan dari nomor urut. Namun, dari kinerja partai.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan mendapatkan nomor urut 4 dalam Pemilu 2014. Nomor 4 kerap kali disebut sebagai angka yang kurang menguntungkan.

Politisi PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, tak mau ambil pusing dengan nomor urut yang diperoleh partainya. Menurutnya, partai dan kadernya juga tidak akan terpengaruh dengan nomor 4 tersebut.

"Tidak ada angka keramat, ini hanya angka biasa saja. Jadi tidak perlu dipersoalkan, ini hanya menempatkan berapa nomor yang tersedia saja," kata Ganjar di Kantor KPU, Jakarta, Senin (14/1/2013).

Wakil Ketua Komisi II DPR itu juga menilai bahwa tak ada nomor jelek dan tak ada nomor bagus. "Memang kalau ada nomor jelek, jadi nomor bagusnya berapa. Itu hanya nomor urutan saja," ujarnya.

Menurutnya, kemenangan partai tidak ditentukan dari nomor urut. Namun, dari kinerja partai. "Kalau dia tidak korupsi, dia dekat dengan rakyat, kerja konkret semuanya baik, jadi tidak ada urusan sama nomor," ujarnya.

Berikut ini nomor urut kesepuluh parpol peserta Pemilu 2014:

1. Partai Nasional Demokrat (Nasdem)
2. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
3. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
4. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)
5. Partai Golongan Karya (Golkar)
6. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)
7. Partai Demokrat
8. Partai Amanat Nasional (PAN)
9. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
10. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)
(Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini