VIDEO: 3 ABK Kapal Tirta Samudera Dievakuasi

  • Peristiwa
  • 0
  • 13 Jan 2013 22:39

km-tenggelam130113c.jpg
Badan SAR Nasional (Basarnas) berhasil mengevakuasi 3 dari 15 ABK Kapal Tirta Samudera XXI yang tenggelam di Perairan Tanjung Benda, Rembang, Jawa Tengah. 1 ABK selamat, sementara dua ABK lainnya meninggal dunia.

Pantauan Liputan 6 SCTV, Minggu (13/1/2013), 1 ABK yang selamat bernama Aji Handoko dan langsung dibawa ke Jakarta. Sedangkan 2 ABK lainnya meninggal dunia. Ketigasnya ditemukan di sebuah sekoci yang terombang-ambing di lautan dibawa ke Pelabuhan Rembang. Dalam evakuasi kali ini, Basarnas menggunakan satu helikopter milik Skuardron 11 Serbu dan dua kapal kontainer (MV Buddy Rahmadi dan MV Tanto Star).

Seperti yang diberitakan sebelumnya, KM Tirta Samudra XXI, dilaporkan tenggelam di laut perbatasan antara Perairan Semarang dan Perairan Karimunjawa, Jumat (11/1). Kapal berpenumpang 15 ABK itu tenggelam akibat cuaca buruk sehingga mereka menyelamatkan diri dengan menggunakan sekoci namun mereka terombang-ambing di tengah lautan.

Keberadaan posisi sekoci sebelumnya sudah terlihat oleh Kapal Sevia, Kapal Meratus Batam, dan KM Amazon. Kendati demikian, kapal-kapal tersebut tidak bisa melakukan evakuasi lantaran cuaca buruk. Tim SAR gabungan juga sempat memberikan bantuan logistik saat melihat sekoci para ABK. Namun, sekoci tersebut kembali menghilang saat regu penyelamat kembali ke titik koordinat.

Pihak keluarga berharap agar para ABK yang masih hilang dapat segera ditemukan dalam keadaan selamat. Kebanyakan ABK merupakan tulang punggung keluarga yang sudah lama melaut untuk menghidupi keluarga. (Alv/Adi)

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler