VIDEO: Akbar Tandjung, dari Jodoh Sampai Partai Golkar

  • Politik
  • 0
  • 13 Jan 2013 18:15

sisi-lain130113c.jpg
Sulit untuk memisahkan Akbar Tandjung dengan dunia politik Indonesia, khususnya Partai Golkar. Bahkan, ketika tak lagi memegang kendali roda Partai Golkar, politisi yang meraih gelar Doktor Ilmu Politik dari Universitas Gajah Mada, Yogyakarta ini tetap memiliki pengaruh yang kuat.

Lahir di Sibolga, Sumatera Utara, 14 Agustus 1945, Akbar sebenarnya melenceng dari disiplin ilmu yang dipilihnya di Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Pengalaman sebagai aktivis Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia Universitas Indonesia (KAMI-UI) membuatnya kepincut dengan dunia politik.

Beragam organisasi kepemudaan kemudian didirikan dan dimasukinya. Ia turut membidani lahirnya Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Angkatan Muda Pembaruan Indonesia (AMPI). Posisinya sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) juga turut membesarkan namanya.

Namun, puncak kariernya di dunia politik dicapai ketika menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar (1998-2004) dan Ketua DPR RI (1999-2004). Sempat pula menjadi kandidat presiden dalam konvensi Partai Golkar menjelang Pilpres 2004, dia dikalahkan Wiranto yang akhirnya diusung partai berlambang pohon beringin itu.

Di pemerintahan, AKbar pernah menjabat Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (1988-1993), Menteri Negara Perumahan Rakyat (1993-1998), Menteri Negara Perumahan dan Pemukiman (1998), dan Menteri Sekretaris Negara (1998-1999).

Kini, dia kembali membuat 'gaduh' di Partai Golkar. Sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar, Akbar menyurati DPP PG meminta evaluasi pencalonan Aburizal Bakrie sebagai Presiden 2014 dari Partai Golkar. Melihat sepak terjangnya, banyak pengamat berpendapat, pengaruh Akbar sama sekali belum 'habis' di Golkar.

Langkah dan perjalanan politik Akbar memang begitu transparan. Tapi, tak banyak yang mengetahui keseharian ayah dari empat orang putri ini. Beberapa waktu lalu, Liputan6 berkesempatan menyaksikan aktivitas Akbar yang selama ini luput dari radar pemberitaan.

Tak banyak yang tahu kalau Akbar punya hobi berenang dan berolahraga. Demikian pula interaksi antara Akbar dan sang istri Krisnina Maharani saat berada di rumah yang jarang terekspose. Sembari menjalankan semua aktivitas itu, Akbar bercerita soal pertemuan dengan sang istri, kiat menjaga kebugaran, serta tentu saja tentang Partai Golkar.

Tayangan tentang Sisi Lain Akbar Tandjung dapat Anda simak pada video di bawah ini. Selamat menyaksikan.(Ado)

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler