Mangga Dua Banjir, Tiga Halte Transjakarta Ditutup

  • Peristiwa
  • 0
  • 13 Jan 2013 16:07
Banjir juga menggenang kawasan bisnis di Mangga Dua, Jakarta Pusat. Bahkan, akibat banjir setinggi sekitar 50 cm itu, tiga halte bus Transjakarta terpaksa ditutup hampir 6 jam. Akibat banjir di Jakarta, total sudah 4 halte bus Transjakarta ditutup.

"Tutup dari jam setengah 11 karena banjir dari jam 8. Jalur terputus dari Mangga Dua Square sampai Ancol. Bus memutar di Mangga Dua Square," kata salah satu operator Halte Pademangan yang menolak menyebutkan namanya itu, di Jakarta, Minggu (13/1/2013).

Air menggenang di sepanjang jalan Gunung Sahari Raya, mulai dari depan komando armada RI Kawasan Barat Pangkalan Utama TNI AL III hingga pintu masuk Mangga Dua Square. Ketinggian air mulai dari 30 centimeter hingga 50 centimeter.

Arus lalu lintas di jalan ini padat merayap sepanjang 100 meter, meski jalur yang dapat digunakan hanya satu dari tiga jalur. Tidak ada pengendara yang menggunakan jalur yang berlawanan arah dengan tujuannya.

Akibatnya, tiga halte bus Transjakarta yang melintas di lokasi ini terpaksa ditutup. Ketiga halte itu yakni halte Ancol, Gunung Sahari, dan Mangga Dua. Halte-halte itu ditutup sejak sekitar pukul 10.30 WIB. Pantauan Liputan6.com, halte mulai dibuka untuk uji coba sejak sekitar pukul 15.20 WIB. Hampir enam jam halte itu ditutup. Rute itu  melayani angkutan Transjakarta koridor 5 arah Ancol-Pusat Grosir Cililitan (PCG) dan Ancol-Kampung Melayu.

Petugas yang berjaga awalnya belum yakin halte dapat beroperasi segera. "Tergantung keadaan air, jalur bisa dilewati nggak. Itu tadi 5 menit yang lalu lah, satu bus lewat, uji coba," tutur wanita yang mengenakan kemeja putih dengan rompi merah. "Ini sudah mendung lagi, khawatir ujan deres tambah banjir."


Sebelumnya Halte Dispenda Samsat Barat yang melayani koridor 3 Kalideres-Harmoni juga tutup sejak menjelang pukul 11 siang. Banjir di Jalan Daan Mogot mengakibatkan kemacetan hampir 1 kilometer. (Ism)

Credit: Ism

Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler