Sukses

Daftar Nama Buron Kasus Kekerasan di Poso

Polres Poso, Sulawesi Tengah mengumumkan 24 nama buron yang masuk daftar pencarian orang (DPO).

Polres Poso, Sulawesi Tengah mengumumkan 24 nama buron yang masuk daftar pencarian orang (DPO) terkait aksi kekerasan dalam satu tahun terakhir di Kabupaten Poso.

Kapolres Poso AKBP Eko Santoso di Poso, Minggu (13/1/2013), mengatakan nama-nama yang tercantum dalam DPO tersebut sudah disebar di seluruh polsek yang ada di Kabupaten Poso dan Polres di Polda Sulawesi Tengah. Nama-nama buronan tersebut juga disebarkan ke masyarakat umum dengan harapan ada informasi tentang keberadaan pelaku kekerasan di Poso.

Eko menjelaskan, sebelumnya telah mengumumkan 30 nama yang tercantum dalam DPO kasus kekerasan di Poso. Namun 6 orang diantaranya masih perlu pendalaman lebih lanjut, sehingga belum perlu diumumkan.

Mulai Jumat 11 Januari 2013 kemarin, Polri menggelar Operasi Maleo Aman I di Poso hingga akhir Januari 2013. Pengamanan lanjutan dari Operasi Kendali Maleo itu terdiri atas 1.185 prajurit Polri dan 170 personel TNI.

Kepala Polda Sulawesi Tengah Brigjen Pol Dewa Parsana mengatakan Operasi Maleo Aman I ini akan berlangsung hingga 31 Januari 2013 dengan fokus utama penegakan hukum dan bhakti sosial.

Operasi Maleo Aman II selanjutnya akan dilakukan dengan melibatkan aparat pemerintah daerah yang berfokus utama pada pelaksanaan pembangunan sarana dan prasarana serta fasilitas umum untuk kesejahteraan rakyat.

Pada operasi itu, terdapat 4 lokasi utama kegiatan, yakni Desa Kalora, Desa Tambarana, Dusun Tamanjeka dan Desa Weralulu yang semuanya terletak di Kecamatan Poso Pesisir dan Poso Pesisir Utara.

Brigjen Parsana menyatakan operasi itu tidak hanya mencakup penegakan hukum untuk mengejar dan menangkap pelaku teror yang beraksi selama ini, tetapi juga penyuluhan hukum, dialog dengan masyarakat, bakti sosial serta kegiatan lain untuk mencegah masuknya paham-paham radikal yang tidak sesuai dengan norma-norma hukum, agama atau adat istiadat.

Berikut daftar lengkap nama buron kasus kekerasan di Poso.

1. Mamat
2. Santoso alias Abu Warda
3. Alian San alias Pak De alias Komandan
4. Hendro
5. Taufik Buraga alias Upik Lawanga
6. Herman alias David
7. Fadlun alias Lun
8. Faris
9. Anto.
10. Sugiatno alias Su alias Abiny Irul
11. Can alias Fajar alias Muhammad Fuad
12. Ambo Intan alias Ambo alias Pambo
13. Ali Sannang alias Papa Kairul
14. Imron
15. Azis alias Papa Sifa
16. Sugir alias Yanto alias Mas Yanto
17. Busro alias Dan alias Atif
18. Maskoro alias Daeng Koro alias Abduu Salam alias Sabar
19. Joko alias Kadir
20. Samil alias Nunung
21. Bogar
22. Hadit
23. Salahudin alias Jon
24. Ambo.

(Ant/Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini