Sukses

Akibat Panjangnya Antrean, Kecelakaan Sering Terjadi

Pengaruh cuaca buruk di perairan Selat Sunda berdampak pada panjangnya antrean truk. Akibat ketidaksabaran pengemudi truk, kecelakaan terjadi di Desa Siring Itik, Kecamatan Bakauheni.

Citizen6, Bakauheni: Pengaruh cuaca buruk di perairan Selat Sunda berdampak pada panjangnya antrean truk. Akibat ketidaksabaran pengemudi truk, kecelakaan terjadi di Desa Siring Itik, Kecamatan Bakauheni. Sebuah truk bermuatan barang rongsokan menabrak sebuah mobil sedan. Truk bernomor polisi  BK 8940 XS yang dikendarai Doni  dari arah Kalianda  tersebut menabrak sedan bernomor polisi B 203 LEA dari arah yang sama.
 
Menurut Rifki, sopir mobil sedan naas tersebut. Mobil yang dikendarainya sampai di turunan siring Itik. Ia sengaja memakai lajur kanan karena jalur kiri ribuan truk mengantre karena macet. Untuk sementara waktu jalur yang digunakan untuk kendaraan pribadi dan kendaraan bermotor memang hanya satu lajur karena lajur dari arah Kalianda ke Bakauheni dipadati ribuan truk.
 
"Tiba-tiba tiga mobil mengambil jalur kanan keluar dari antrean. Mobil yang ketiga ini rupanya blong rem kata sang sopir, akibatnya menyeruduk mobil saya, " ujar Rifki yang mengaku dari Palembang tujuan Jakarta pada Jumat, 11 Januari 2013.
 
Akibatnya tabrakan itu sedan tersebut ringsek di sebelah bahu kiri dan berbalik arah ke arah Kalianda. Beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian tesebut.  Rifki dan ketiga teman dalam mobil sedan tersebut tak mengalami luka sedikitpun. Hanya saja mobil truk dan sedan berada pada posisi di atas selokan Jalinsum, Siring Itik.

Namun akibat kecelakaan tersebut antrian kemacetan menjadi semakin parah. Untuk mengatasi hal tersebut satuan lalulintas (Satlantas) Polres Lamsel terus berjaga-jaga di sepanjang Jalinsum untuk mengatur lalulintas agar tak menyebabkan antrian yang semakin parah. Puluan anggota polisi dikerahkan untuk mengatur agar truk tersebut tetap dijalur antrian dan tak saling mendahului.
 
Bahkan hingga kini ribuan truk terus mengantri di sepanjang Jalan Lintas Sumatra (Jalinsum) dan Jalan Lintas Timur (Jalintim). Akibat antrean truk yang panjangny mencapai 5 Kilometer tepatnya di depan Rumah Makan Mandailing di KM 5 Desa Umbul Jering Bakauheni berakibat jalur dari arah Bakauheni dan dari Arah Bandarlampung lumpuh.  Ribuan truk harus berjalan merayap untuk mencapai intu masuk Pelabuhan Bakauheni. (Hendricus Widiantoro/YSH)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini