by yesha

8 Kiat Sukses Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

  • Citizen6
  • 0
  • 11 Jan 2013 13:22

130111bbeasiswa.jpg
Citizen6: Ingin melanjutkan sekolah ke luar negeri, tapi merasa keberatan dengan biaya? Atau mungkin merasa takut menghadapi serangkaian tes yang akan dihadapi? Di bawah ini ada 8 tips untuk Anda agar sukses dalam 'perjalanan' menuju beasiswa luar negeri.

1. Pahami kriteria dan persyaratan beasiswa yang akan diambil

Apakah kriteria-kriteria itu sesuai dengan Anda atau tidak. Misalnya siapa saja yang menjadi tujuan beasiswa itu,  bidang studi apa yang ditawarkan, apa saja syarat akademis yang harus dipenuhi, atau negara mana yang menjadi negara tujuan beasiswa.

2. Ikuti petunjuk pengisian aplikasi beasiswa

Ada beberapa pertanyaan dalam kolom aplikasi yang membutuhkan lampiran atau kolom yang harus diisi. Jangan sampai hal ini terlewatkan karena akan membuat aplikasi kita didiskualifikasi.

3. Tulis rapi aplikasi beasiswa

Jika penyedia beasiswa meminta Anda untuk mengirimkan essai, tulislah essai dengan bahasa yang benar dan tema yang menarik. Essai yang lebih personal dan spesifik akan lebih membuat para penyedia beasiswa tertarik degan essai Anda.

4. Jangan terlewat deadline

Mungkin Anda akan berpikir bahwa tidak akan mungkin deadline terlewat. Namun kesalahan ini adalah salah satu penyebab kegagalan pengajuan aplikasi beasiswa yang sangat sering terjadi.

5. Pastikan aplikasi yang anda kirimkan tepat

Banyak kasus kegagalan memperoleh beasiswa karena sana aplikator salah atau lupa mencantumkan alamat lengkap lembaga penyedia beasiswa.

6. Siapkan data cadangan

Kita tidak tahu apa yang akan terjadi, jadi siapkan terlebih dahulu data cadangan aplikasi beasiswa kita. Siapa tahu akan berguna di kemudian hari.

7. Jangan lupa melakukan pengecekan akhir

Mungkin dalam aplikasi beasiswa Anda ada beberapa ejaan yang salah atau lampiran yang kurang. Tidak lucu, kan, ketika Anda sudah sangat yakin mengirimkan beasiswa namun ada satu lembar halaman formulir yang tertinggal di lantai kamar?

8. Jangan Malu untuk Bertanya!

Jika ada hal yang kurang jelas, tanyakan saja pada penyedia beasiswa atau orang yang sudah berpengalaman. Pengalaman orang lain dapat kita jadikan pelajaran untuk memperoleh kesuksesan.

Bagaimana? Tidak sulit, kan, menggaet beasiswa ke luar negeri? Semoga hal-hal tersebut dapat bermanfaat bagi Anda yang mempunyai mimpi belajar ke luar negeri. Hal yang paling penting di antara itu semua adalah semangat kita dan doa kita kepada Tuhan untuk keberhasilan setiap mimpi kita. Selamat mencoba! (Angga Pradipta/YSH)
Terpopuler