Sukses

Durasi Penerbangan Tercepat di Dunia: Hanya 47 Detik!

Penumpangnya membutuhkan waktu lebih lama untuk memesan tiket dari pada duduk di kursi pesawat.

Tak perlu menghabiskan waktu berjam-jam membosankan dalam penerbangan ini. Waktu tempuhnya bahkan tak masuk hitungan jam, menit, melainkan detik.

Faktanya, para penumpangnya membutuhkan waktu lebih lama untuk memesan tiket daripada duduk di kursi pesawat.

Sebuah kontrak penerbangan tercepat di dunia baru saja diberikan pada satu dari tiga maskapai yang saling bersaing untuk melayani rute Westray dan Papa Westray, Skotlandia, yang hanya berjarak 2,8 kilometer. Waktu tempuhnya bahkan bisa 47 detik!

Durasi penerbangan rata-rata dalam rute tersebut sebenarnya kurang dari dua menit -- namun dibantu angin, penerbangan bisa lebih cepat, hingga kurang dari semenit.

Pemenang kontrak adalah maskapai Skotlandia, Loganair. Kontrak  pengangkutan orang dan barang di rute tersebut bernilai 6 juta dolar Australia untuk tiga tahun mulai April 2013. Setelahnya, kontrak bisa diperpanjang per tahun.

Rute tersebut termasuk dalam layanan antarpulau di wilayah Orkey yang beroperasi sejak 1967. Sementara rute penerbangan pendek untuk melayani penumpang yang ingin "melompat" ke pulau lain mulai ditawarkan tahun 2011.

Meski perjalanan super-cepat, penerbangan ke Papa Westray tak bakal merugi. Penulis perjalanan tenar, Bill Bryson, bahkan menyebut pulau kecil itu adalah salah satu lokasi favorit di Inggris.

Tempat itu kaya dengan peninggalan arkeologi, termasuk struktur peradaban Neolitikum,  Knap of Howar, yang usianya lebih tua ketimbang piramida. Juga sejumlah peninggalan dari Abad Pertengahan. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.