Jokowi Bertemu Dubes Thailand Bahas Transportasi

  • Politik
  • 0
  • 11 Jan 2013 10:20

jokowi-dubes-130111a.jpg
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi bertemu Duta Besar Thailand Thanatip Upatising di Balaikota, Jakarta. Beragam persoalan dibahas, termasuk masalah transportasi. Jokowi cukup banyak belajar dari Thailand.

"Terus terang dari yang lalu dan yang sekarang jauh lebih baik. Seperti tadi yang diceritakan Pak Dubes (Thanatip Upatising). Karena memang transportasi massanya lebih baik dan tadi cerita tentang kegagalan ganjil genap juga, kira-kira itulah," jelas Jokowi usai pertemuan di Balaikota, Jumat (11/1/2013).

Jokowi juga tak melewatkan untuk membicarakan solusi mengatasi kemacetan. "Kita mau belajar dari kesuksesan Bangkok mengenai kemacetan. Meskipun kata Pak Dubes tadi, belum 100% lah, tapi sudah jauh lebih baik," kata mantan Wali Kota Surakarta, Jawa Tengah ini.

Cara mengatasi kemacetan, imbuh Jokowi, tak banyak berbeda dengan di Thailand. Solusi tersebut pernah diusulkan Jokowi tahun kemarin. Antara lain dengan transportasi massal dan memberlakukan pajak parkir tinggi. Alternatif lain sama dengan di Bangkok, yaitu dengan membangun jalur sepeda.

Menyoroti rencana Pemerintah Provinsi DKI memberlakukan plat nomor ganjil genap, terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan yang harus diperhatikan.

"Banyak plus minusnya. Karena banyak juga orang mengganti pelat nomornya, orang tambah beli mobil. Tapi ya kita belajar banyak dari beliau (dubes)," ucap Jokowi.(Ais)
Terpopuler