by yesha

Sering Mengantuk di Siang Hari, Ini Penyebabnya

  • Citizen6
  • 0
  • 10 Jan 2013 11:50
Citizen6: Sering ngantuk di siang hari? Anda pasti beralasan karena tidur malam yang kurang. Padahal, penelitian terbaru menunjukkan bahwa penyebab rasa kantuk dan lesu di siang hari dipicu oleh gaya hidup tak sehat serta stres emosional.

Penelitian yang dipimpin oleh Dr Alexandros Vgontzas dari Penn State University memeriksa 1.741 orang dewasa untuk mengetahui apa yang menyebabkan rasa kantuk dan kelelahan di siang hari. Ditemukan 222 peserta yang memiliki rasa kantuk berlebihan dan peneliti menindaklanjutinya dengan wawancara pada 7,5 tahun kemudian.

Hasilnya, peneliti menemukan kenaikan berat badan memengaruhi seseorang terus mengalami rasa kantuk di siang hari. Selain itu depresi juga menjadi faktor terbesar penyebab rasa kantuk berlebihan di siang hari. Depresi yang sedang dialami seseorang juga menjadi salah satu penyebab terbesar seseorang sering merasakan kantuk di siang bolong. Depresi berlebihan dapat membuat otak menjadi lelah dan merasa butuh diistirahatkan.

Penyakit susah tidur atau insomnia juga menjadi salah satu penyebabnya. Ya, insomnia adalah penyakit kesulitan tidur atau sulit mempertahankan tidur pada malam hari. Penderita insomnia biasanya beraktifitas pada malam hari dan merasa ngantuk di siang hari.

Mengantuk di siang hari dan kurang tidur tak hanya membuat seseorang uring-uringan tetapi  juga mempengaruhi kinerja kerja dan meningkatkan kecelakaan. Parahnya, risiko kesehatan seperti tekanan darah tinggi, penyakit diabetes dan jantung juga mengancam nyawa.

Cara yang paling tepat untuk mengatasi rasa kantuk di siang hari adalah dengan mengonsumsi air putih secara cukup dan membiasakan diri istirahat yang cukup di malam hari. Hindari makanan berlemak dan stress berlebihan. (Dhita Samosir/YSH)
Comments
Sign in to post a comment