Sukses

Teganya! Bayi Ini Dibuang Ibu Sendiri di Teras Rumah Orang

Bayi merah yang baru berusia dua hari ditemukan di teras rumah warga. Diduga dibuang ibunya sendiri.

Malang benar nasib bayi perempuan ini. Usianya diperkirakan baru dua hari, namun alih-alih mendapatkan dekapan hangat sang ibu, ia justru dibuang di teras rumah orang. Diduga oleh ibunya sendiri.

Bayi itu ditemukan di teras sebuah rumah di Solo, Jawa Tengah. Posisinya di atas meja. Warga menemukannya saat hendak berangkat Salat Subuh, Kamis (10/1/2013).

Saat itu, warga mendengar tangisan. Awalnya, dikira suara kucing. Namun, saat ditelusuri dari mana suara berasal, yang ditemukan justru sesosok bayi perempuan yang menangis kehausan, di atas meja di rumah milik Sutarto di Jalan Noroyono 37, di Kampung Kebonan RT 05 RW 01, Kelurahan Sriwedari, Lawean.

Saat ditemukan, bayi perempuan malang itu dalam kondisi rapi dibungkus dengan selimut bayi. Lengkap dengan bantal guling dan pakaian bayi, serta susu. Meski di tengah udara dingin, beruntung nyawa bayi seberat 2,5 kilogram dan panjang 51 centimeter itu tak sampai terancam.

Kini bayi mungil itu telah dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Solo, dan telah dirawat oleh petugas kesehatan setempat. Setibanya di RS, bayi yang kehausan itu diberi susu. Tubuhnya yang masih rentan diberi penghangat tambahan, berupa lembaran selimut bayi

Hingga kini, polisi masih terus mengumpulkan keterangan dari sejumlah saksi terkait kasus pembuangan bayi itu. Termasuk menelusurinya dari kartu menuju sehat (KMS), yang diselipkan orang tua bayi di barang bawaan yang ditinggalkan.

Dugaan awal, bayi tersebut lahir dari hubungan gelap sepasang orang tua yang tak bertanggung jawab. Warga sekitar menduga, pelaku bukan warga di wilayah tersebut.

Penemuan bayi ini merupakan kejadian pertama yang ditemukan di Solo di awal tahun 2013. Sepanjang 2012 lalu, terdapat 7 kasus pembuangan bayi di kota tersebut. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.