Sukses

VIDEO: Banjir Meninggi, Ribuan Warga Pandeglang Terisolir

Warga yang rumah-rumahnya terendam genangan air mencapai 3 meter itu mengharapkan bantuan perahu karet.

Ketinggian air banjir di Pandeglang, Banten bertambah, ribuan warga pun terisolir. Warga yang rumah-rumahnya terendam genangan air mencapai 3 meter itu mengharapkan bantuan perahu karet. Apalagi karena banjir semakin meninggi.

Pantauan Liputan 6 SCTV Rabu (9/1/2013), korban banjir di Pandeglang itu mulai mengevakuasi barang-barang seperti yang dilakukan warga Desa Surianeun di Kecamatan Patia. Kendati demikian, warga terpaksa bertahan di rumah mereka karena tidak ada perahu karet untuk keluar area itu. Petugas pun tak ada yang datang untuk melakukan evakuasi, padahal mereka mulai kehabisan persediaan makanan dan air bersih.

Banjir yang melanda 9 kecamatan di Kabupaten Pandeglang itu juga memutus jalur utama penghubung sejumlah kecamatan, serta merendam hampir 3 ribu hektar areal persawahan.

Menurut data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pandeglang, tidak kurang dari 18 ribu jiwa menjadi korban banjir itu. Pemerintah setempat pun telah menetapkan masa darurat banjir terhadap wilayah tersebut.

Banjir tersebut terjadi akibat luapan Sungai Cilemer dan Ciliman sejak 3 hari terakhir. (Tnt).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.