Sukses

VIDEO: Angin Kencang Landa Indonesia Timur

Puluhan tiang listrik di jalur lintas barat Sulawesi, terutama yang melewati Kecamatan Paleteang dan Patampanuan Pinrang tumbang.

Hujan deras disertai angin kencang melanda sejumlah daerah di kawasan timur Indonesia. Kencangnya angin ini membuat nelayan batal melaut, sementara pohon-pohon di sejumlah daerah juga tumbang.

Angin kencang yang terjadi di pesisir pantai Manado, memaksa para nelayan menunda ke laut, Selasa (8/1/2013). Hujan deras disertai angin kencang dalam sepekan terakhir membuat gelombang laut bisa mencapai 4 meter. Hujan dan angin kencang ini juga membuat tanggul pemecah ombak hancur dihantam gelombang.

Angin kencang juga melanda kawasan Pinrang, Sulawesi Selatan.  Puluhan tiang listrik di jalur lintas barat Sulawesi, terutama yang melewati Kecamatan Paleteang dan Patampanuan Pinrang tumbang.

Untuk mengantisipasi agar tak terjadi kebakaran, pihak PLN terpaksa memutuskan arus listrik. Akibatnya, ribuan rumah warga pun terancam tidak mendapat pasokan listrik. Tiang listrik dan pohon yang tumbang juga menutup akses jalan, sehingga warga bersama petugas berupaya menyingkirkan.

Sementara di Denpasar, Bali, angin kencang ini juga menumbangkan pohon beringin setinggi 30 meter. Pohon yang diperkirakan berusia puluhan tahun itu tumbang menimpa rumah warga dan sebuah pura.

Tidak ada korban jiwa akibat pohon beringin tumbang. Namun sempat membuat panik sejumlah warga karena sebelum tumbang mereka mendengar benturan yagn cukup keras.

Angin kencang juga berhembus di wilayah Bone, Sulawesi Selatan. Hembusan angin ini membuat sejumlah pohon tumbang.

Pohon berukuran besar dan sudah berusia tua di jalan Ahmad Yani tumbang setelah kawasan ini diguyur hujan deras disertai angin kencang. Tumbangnya pohon membuat jalan di sekitar terhalang. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini