Sukses

VIDEO: Banjir di Jember, 1 Warga Tewas

Di Jember, Jawa Timur, seorang warga hilang akibat terseret arus sungai. Korban hingga saat ini belum ditemukan.

Bencana banjir terus mengancam sejumlah daerah di tanah air. Tidak hanya ratusan rumah warga yang terendam tetap juga lahan persawahan yang mengakibatkan gagal panen.

Bahkan, di Jember, Jawa Timur, seorang warga hilang akibat terseret arus sungai. Korban hingga saat ini belum ditemukan.

Banjir di Jember ini terjadi di Desa di Wonosari. Rata-rata ketinggian air bahkan mencapai satu meter. Tidak hanya rumah warga yang terendam air, tapi juga ratusan hektar sawah yang sedang mengalami musim tanam.

Banjir terjadi akibat sejumlah sungai meluap setelah diguyur hujan terus menerus selama sepekan terakhir. Beberapa warga memilih mengungsi, khawatir ketinggian air terus bertambah.

Bahkan akibat derasnya air sungai, seorang warga dilaporkan terseret arus. Warga dibantu polisi berupaya mencari korban yang belum diketahui kondisinya.

Sementara di Serang, Banten, ratusan hektar sawah di enam desa di Kecamatan Cikande juga terendam banjir. Banjir yang melanda kawasan ini terjadi akibat meluapnya Sungai Cidurian.

Usia tanaman padi yang baru sepekan terancam membusuk. Para petani pun tidak bisa berbuat banyak, karena tanaman padi mereka sudah tidak bisa tumbuh. Sawah yang terendam ini juga bisa mengancam produksi padi di kawasan Cikande yang merupakan salah satu sentra beras untuk Provinsi Banten.

Banjir juga merencam ratusan hektar sawah di Tulang Bawang, Lampung. Tingginya curah hujan mengakibatkan Sungai Waypidada meluap. Tanaman padi yang berusia dua bulan mulai membusuk karena sudah terendam air dengan ketinggian hampir satu meter.

Para petani berharap, pemerintah membenahi saluran irigasi dan mengeruk kanal dan sungai yang sudah dangkal, sehingga ketika hujan deras air sungai tidak meluap dan merendam sawah mereka. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini