Sukses

Din Syamsuddin: Kedaulatan Indonesia Runtuh

Salah satunya disebabkan oleh adanya undang-undang yang bertentangan dengan konstitusi.

Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin menilai, belakangan ini kedaulatan Indonesia mengalami keruntuhan. Salah satunya disebabkan oleh adanya undang-undang yang bertentangan dengan konstitusi.

"Kami melihat akhir-akhir ini kedaulatan itu runtuh baik dalam bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya. Terkait masalah ekonomi, sejumlah regulasi dari UU ternyata tidak sejalan dengan amanah konstitusi," ujar Din saat ditemui di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (8/1/2013).

Ia mengatakan, seharusnya sumber daya alam Indonesia dapat dikuasai negara. Tapi yang terjadi malah sebagian kekayaan alam dikuasai asing.

"Ada beberapa undang-undang yang justru mendukung hal tersebut, inilah yang sedang kita kaji. Dan kami juga telah mengajukan judicial review untuk UU Migas dan akhirnya diterima. Kita juga akan mengajukan judicial review terhadap undang-undang lain, terkait sumber daya air dan sebagainya, geothermal, panas bumi, dan lainnya," jelas Din.

Untuk itu, Ia pun mengajak ketua-ketua Fraksi di DPR RI untuk dapat menjalankan suatu sikap dan pandangan dalam menjaga kedaulatan kehidupan berbangsa dan bernegara. "Saya hadir bersama sejumlah tokoh aktivis untuk mendukung gerakan penegakan kedaulatan negara untuk pertemuan dengan pimpinan DPR," imbuhnya. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini