Lezatnya Menikmati Serabi Khas Kota Atlas

  • Citizen6
  • 0
  • 08 Jan 2013 17:03

131008cserabi.jpg
Citizen6, Semarang: Ada yang tidak kenal dengan serabi? Atau mungkin ada dari Anda yang belum pernah mencicipi serabi?

Serabi adalah salah satu panganan khas daerah Kabupaten Semarang. Saat ini serabi dapat ditemui di bebagai tempat, namun daerah yang terkenal dengan makanan yang satu ini ialah Desa Ngampin, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang.

Apabila dari Anda ada yang mengunjungi daerah ini, tak perlu khawatir tidak menemukannya. Karena di sepanjang Jalan Raya Semarang menuju Magelang, dapat ditemui pondok-pondok kecil masyarakat lokal yang menjual serabi.

Serabi terbuat dari tepung beras dan santan yang kemudian dimasak dalam sebuah tungku kecil. Untuk menunggu serabi ini matang tidak perlu membutuhkan waktu yang lama. Untuk memberikan rasa serabi yang berbeda bisa diberikan sentuhan varian rasa dari bahan alami, seperti daun pandan, nangka, dan lain-lain.

Selain itu, serabi juga bisa dinikmati dalam 2 bentuk, yakni kering dan dengan kuah. Kuah serabi sendiri terbuat dari santan dan diberi gula jawa untuk memberi rasa manis.

Untuk soal rasa dan harga, Anda pun tidak perlu khawatir, karena selain nikmat, harga serabi juga sangat terjangkau. Sehingga para pelancong tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk dapat menikmati salah satu kuliner Nusantara yang satu ini. Hal inilah yang membuat serabi tak kalah tenar dengan makanan khas Semarang lainnya seperti bandeng presto, wingko babat, dan lain-lain.

Bagi mereka yang beranggaran 'pas-pasan', serabi bisa dipilih menjadi jajanan alternatif sambil berkeliling menikmati indahnya Kota Atlas.

Perlu juga diketahui, Serabi juga termasuk makanan sehat karena tidak tersentuh dengan bahan-bahan kimia. Komposisi bahan yang digunakan juga bahan-bahan alami, seperti perasa yang menggunakan nangka serta penyedap yang menggunakan daun pandan. Oleh sebab itulah, Serabi bisa dipilih sebagai jajanan pendamping perjalanan yang sehat, mengingat banyaknya makanan yang menggunakan bahan-bahan kimia yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Jadi, tunggu apa lagi? Ingin makanan murah, lezat, dan sehat? Serabi dapat menjadi pilihan Anda untuk dinikmati ketika berkunjung ke daerah Kabupaten Semarang, dan juga untuk lebih mengenal kekayaan kuliner Nusantara. (Dimas Sadewo/Mar)

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler