Sukses

VIDEO: Dahlan Iskan: Rem Blong Tucuxi Karena Tak Pakai Gearbox

Mobil ciptaan Danet Suryatama itu tidak memiliki gearbox atau transmisi sistem utama pemindah tenaga.

Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan mengambil kesimpulan atas penyebab kecelakaan mobil listrik Tucuxi seharga Rp 1,5 miliar yang dikemudikannya saat berada di Magetan, Jawa Timur. Mobil ciptaan Danet Suryatama itu tidak memiliki gearbox atau transmisi sistem utama pemindah tenaga.

"Seandainya tidak uji coba ke Magetan, belum akan diketahui kelemahan mobil teknologi listrik yang tidak menggunakan gearbox. Mas Danet tidak menggunakan gearbox," kata Dahlan dalam keterangan pers di Jakarta, Selasa (8/1/2013).

Dengan tidak menggunakan gearbox, daya cengkeram rem yang ada dinilai kurang mumpuni untuk menanggung beban yang berat dan dalam kecepatan tinggi. Apalagi, rem yang digunakan itu sebelumnya sudah diuji coba melintasi tanjakan dan turunan yang curam.

Dahlan akui saat mobil ini diciptakan sempat ada perdebatan dengan Danet tentang penggunaan gearbox. Tetapi saat itu isunya bukan soal uji coba mobil saat melintasi tanjakan atau turunan. "Melainkan, bila mobil itu menggunakan gearbox akan boros energi, sedangkan yang tidak pakai akan lebih hemat," jelas bos Jawa Pos Grup ini.  

Kendati begitu, Dahlan tidak menyalahkan Danet yang akhirnya memutuskan tidak menggunakan gearbox dalam mobil "Ferrari" itu.

"Saya akui dia hebat, mobilnya luar biasa. Tapi pilihan teknologinya yang tidak menggunakan gearbox itu tidak salah. Ke depan akan lebih cenderung untuk mobil-mobil yang memiliki kekuatan besar sebaiknya menggunakan gearbox," kata Dahlan. (Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.