Sukses

Blusukan ke Terminal Pulo Gebang, Jokowi Kecewa

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo blusukan lagi. Kali ini, lelaki yang akrab disapa Jokowi itu meninjau Terminal Bus

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo blusukan lagi. Kali ini, lelaki yang akrab disapa Jokowi itu meninjau Terminal Bus Antar-Kota dan Antar-Provinsi (AKAP) yang berada di Pulo Gebang, Jakarta Timur.

Raut kecewa tergambar di wajah lelaki yang berusia 52 tahun itu. Ia kecewa lantaran melihat air yang menggenang di sepanjang halaman terminal.

"Ini baru hujan sebentar, air sudah mengenang," kata Jokowi di Jakarta, Senin (7/1/2013).

Jokowi berjalan hati-hati, sambil sesekali menghindari genangan air di sekitarnya.

Kepala Pembinaan Penggunaan Lalu Lintas Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Jakarta Tiodora Sianturi yang mendampingi Jokowi berkeliling lokasi itu mengungkapkan 2 masalah utama yang ada di Terminal Pulo Gebang. Masalah itu yakni, genangan air dan pembebasan tanah.

Menanggapi keterangan dari Tiodora, Jokowi menuturkan kemungkinan untuk melakukan pelebaran dan perbaikan pada kemiringan drainase. Untuk itulah pentingnya manajemen kontrol di lapangan, seperti yang dilakukannya.

"Kalau saya enggak ke sini, enggak tahu. Kalau enggak tahu, berarti saya enggak bisa membetulkan, saya enggak bisa memperbaiki," ujar Jokowi setelah meninjau lokasi terminal.

Saat ditanya masalah pembebasan tanah, Jokowi belum bisa memastikannya. Dia mengaku belum mengetahui apakah pembebasan tanah di terminal sudah rampung atau belum. Sementara Tiodora menyatakan sudah sekitar 3,9 hektar tanah yang dibebaskan pada 2012. Sisanya sekitar 1,4 hektar pada tahun 2013.

"Kalau memang sudah bisa langsung dibayar, bayar langsung. Selesai. Jalannya langsung kita kerjakan. Ada yang jalan masuk, ada jalan keluar," ucap Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.