Sukses

VIDEO: Cuaca Buruk di Sulteng Hentikan Operasi Kapal Ferry

Cuaca tak bersahabat itu juga membuat kapal jenis Ferry di penyeberangan Kolaka-Bajo berhenti beroperasi untuk sementara untuk sementara waktu.

Cuaca buruk di wilayah Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, berimbas kepada para nelayan di wilayah tersebut. Mereka terpaksa tak melaut, bahkan cuaca tak bersahabat itu juga membuat kapal jenis Ferry di penyeberangan Kolaka-Bajo berhenti beroperasi untuk sementara waktu.

Pantauan Liputan 6 SCTV Senin (7/1/2013), cuaca buruk yang melanda perairan Kolaka itu telah terjadi dalam sepekan terakhir. Angin kencang yang bertiup di pesisir pantai itu, membuat gelombang di lautan mencapai 3 meter.

Kondisi itu menyebabkan para nelayan di Kabupaten Kolaka enggan melaut. Karena bila nekat melaut, hasil tangkapan mereka juga sedikit. Para melayan pun akhirnya mengisi waktu dengan memperbaiki haluan kapal dan mesin atau memperbaiki jaring.

Sementara akibat dilarangnya operasi kapal jenis Ferry di wilayah tersebut selama sepekan mendatang, banyak calon penumpang kecewa. Truk-truk pengangkut bahan-bahan sembako antarpropinsi pun menumpuk dan terparkir di Pelabuhan Dermaga Kolaka-Bajoe. Akibat cuaca buruk itu, hampir seluruh aktifitas pelayaran dan pengangkutan terhambat.

Menurut pihak berwenang Pelabuhan Kolaka, keputusan menunda keberangkatan semua kapal angkutan itu berdasarkan peringatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) adanya cuaca buruk dan angin kencang yang akan melanda Teluk Bone hingga pekan depan. (Tnt)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.