Sukses

VIDEO: Arus Banjir Deras, Rumah Diikat ke Pohon

Ribuan Rumah di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, masih terendam banjir. Derasnya air membuat warga harus mengikat rumah ke pohon dan pembatas jalan.

Sejumlah rumah di Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan ditinggalkan penghuninya untuk mengungsi ke tempat aman. Banyak warga mengikat rumah mereka pada pohon atau pembatas jalan.

Pantauan Liputan 6 SCTV di lokasi banjir di Jenoponto, Senin (7/1/2012), derasnya arus banjir yang diakibatkan luapan Sungai Tamanroya itu memaksa warga mengikat rumah mereka ke pohon agar tidak hanyut terbawa arus banjir.

Meski banjir sangat deras, namun sejumlah warga nekat melintasi air yang mencapai dada orang dewasa untuk menyelamatkan diri. Rakit dan banana boat juga dikerahkan untuk evakuasi warga.

Banjir ini mengakibatkan satu-satunya jalur Trans Utama yang menghubungkan kabupaten Jeneponto dan kabupaten lain lumpuh total.

Di Makassar, Sulawesi Selatan, banjir masih merendam ribuan rumah di Perumnas Antang. Luapan Sungai Jeneberang membuat ribuan kepala keluarga harus mengungsi ke tempat ibadah dan rumah kerabat mereka. Pemerintah Kota Makassar telah menetapkan status siaga satu di kawasan rawan banjir ini. (Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini