Sukses

VIDEO: Kain Tenun Bebali Jadi Pakaian Modern

kain tenun Bebali makin diminati para pecinta kain tradisional dan perancang busana untuk dikembangkan menjadi pakaian modern.

Hampir setiap daerah di tanah air memiliki keragaman dan keindahan kain tradisional. Misalnya saja Desa Seraya Timur dari Kabupaten Karang Asem, Bali yang menghasilkan kain tenun Bebali. Kain ini ditenun secara tradisional dengan pewarnaan alami nan unik.

Pembuatan kain ini berpusat di sentra tenun tradisional Bebali, Desa Seraya Timur. Proses pembuatannya masih dilakukan secara tradisional, seperti memintal benang dari kapas, pewarnaan alami dengan tumbuh-tumbuhan, hingga menenun yang dikerjakan oleh kaum perempuan setempat.

Dibutuhkan waktu minimal 2 pekan untuk menyelesaikan pembuatan sehelai kain Bebali ini.

Semula kain tenun Bebali banyak digunakan dalam upacara adat. Namun belakangan makin diminati para pecinta kain tradisional dan perancang busana untuk dikembangkan menjadi pakaian modern.

Kain Bebali kini laris menjadi buah tangan dari Karangasem. Kain ini dijual dengan harga sekitar Rp 300 ribu hingga jutaan rupiah. Mahal atau murahnya harga kain tersebut tergantung ukuran dan tingkat kesulitan motifnya. (Riz)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.