5 Danau Terindah di Indonesia

  • Citizen6
  • 0
  • 07 Jan 2013 11:37
Citizen6: Indonesia terkenal dengan keindahan alamnya. Tidak saja dari gunung-gunung dan dataran tingginya, akan tetapi dari dataran rendah pun dapat kita temui keindahannya. Dan salah satu keindahannya tersebut terletak dari danaunya. Indonesia memiliki banyak sekali danau, akan tetapi jika ditelusuri, anda dapat menemukan beberapa danau yang memiliki keindahan yang tidak dapat ditemui di negara-negara lain. Berikut ini adalah beberapa contoh danau terindah di Indonesia:

1. Danau Toba
Danau yang berasal dari letusan supervolcano ini memiliki panjang yang kurang lebih 100 kilometer dan lebar 30 kilometer. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan juga terbesar di Asia Tenggara. Dengan Pulau Samosir yang berada di tengahnya, menambah keindahan danau ini. Selain itu, Danau ini berada di lereng lereng perbukitan sehingga menambah keeksotisan danau ini.

2. Danau Labuan Cermin
Danau ini terletak di Desa Biduk Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Danau ini memiliki keunggulan di warna airnya. Warna air dari danau ini adalah biru muda,tidak seperti danau danau lainnya. Selain itu, rasa airnya pun agak unik. Di daerah dangkal, air terasa asin, tetapi di daerah yang dalam air terasa tawar, ini tidak lepas karena sumber air tersebut berasal dari batu batuan sehingga mengandung zat kapur.

3. Danau Paniani
Danau ini pernah dinobatkan sebagai danau terindah di dunia pada 2007 lalu, tepatnya November 30 pada konferensi Danau se-dunia di India. Di Danau ini terdapat berbagai jenis ikan dan satwa satwa lainnya. Bahkan jika anda sedang beruntung, anda dapat menemukan satwa langka disini, yaitu udang Selingkuh yang bernama latin Cherax Albertisii.

4. Danau Kelimutu
Danau ini memiliki arti Keli adalah gunung dan mutu adalah mendidih. Danau yang terletak di kabupaten Ende, NTT ini memiliki keunikan tersendiri yaitu memiliki tiga warna. Merah, putih, biru merupakan ketiga warna tersebut. Masyarakat sekitar meyakini bahwa danau yang berwarna merah merupakan tempat bersemayamnya orang-orang yang semasa hidupnya melakukan tindakan kejahatan. Sedangkan biru merupakan tempat bersemayamnya orang-orang yang mati muda, dan putih merupakan tempat bersemayamnya orang orang yang mati saat sudah uzur. Namun, dibalik cerita itu semua, danau ini sungguh sangat indah dipandang dan tidak menjemukan.

5.Ranukumbolo
Sebuah Danau yang terletak di lereng gunung Mahameru ini memiliki ketinggian  2400 meter  diatas permukaan laut. Danau ini terbentuk di kawah Gunung Jambangan yang memadat. Danau yang beberapa waktu lalu dibuat syuting film 5 cm memiliki keindahan tersendiri, di Danau Kumbolo ini anda dapat melihat indahnya matahari terbit atau eksotisnya matahari tenggelam. (Brilliant Indra K/YSH)
Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler