by

Lontong Dekem, Sajian Lain Khas Pemalang

  • Citizen6
  • 0
  • 05 Jan 2013 10:33
Citizen6, Semarang: Pernah dengar Nasi Grombyang? Ya betul, makanan ini adalah salah satu makanan khas Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. Tapi bila Anda sudah bosan dengan Nasi Grombyang, mungkin kuliner yang satu ini bisa menjadi salah satu pilihan lain bagi Anda. Namanya, Lontong Dekem.

Dari namanya, kuliner ini memang sedikit asing terdengar di telinga, namun soal rasa tidak perlu diragukan lagi. Kuliner yang berbahan pokok lontong ini tidak jauh beda dengan lontong opor lainnya, namun Lontong Dekem memiliki keunggulan yang tidak dimiliki lontong opor lain. Yaitu campuran sambal goreng di atas penyajiannya.

Meskipun rasanya yang cenderung lebih pedas dari lontong opor atau lontong ayam, tetapi rasa pedas itulah yang menjadi ciri khas kuliner dari daerah pesisir seperti Pemalang, Pekalongan, dan sekitarnya ini.

Lontong dekem sangat mudah ditemui di warung-warung di daerah Pemalang. Dengan harga yang terjangkau, makanan ini sangat pas untuk dijadikan kuliner Anda saat mengunjungi Pemalang. Selamat mencoba! (Brilliant Indra K/Mar).
Comments
Sign in to post a comment