Sukses

Obama Akan Angkat Menhan Barunya yang Anti-Israel

Pengumuman pencalonan Menhan AS terbaru itu disebut-sebut akan disampaikan ke publik pada awal pekan depan.

Dalam masa jabatan barunya, Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama diperkirakan akan mengganti Menteri Pertahanannya yang saat ini dijabat Leon E. Panetta dengan mantan Senator Chuck Hagel. Pengumuman itu disebut-sebut akan disampaikan ke publik pada awal pekan depan.

Menurut pemberitaan CNN, majalah Foreign Policy dan beberapa sumber pemerintahan lain yang dilansir Xinhua Sabtu (5/1/2013), pengangkatan Chuck Hagel menjadi Menteri Pertahanan AS akan dilakukan pada Senin atau Selasa pekan depan. Namun berita tersebut tak dikonfirmasi kebenarannya oleh pihak Gedung Putih.

Nama Hagel ini mencuat sebagai calon potensial Menteri Pertahanan pada bulan lalu. Namun berita tersebut disambut dengan perlawanan dari kelompok pro-Israel. Bahkan beberapa senator Republik juga telah menyuarakan penentangan mereka.

Kedua kubu itu menentang keras komentar Hagel tentang 'lobi Yahudi' yang mengintimidasi masyarakat di Washington, serta kesediaannya untuk terlibat secara diplomatik dengan Hamas dan Iran.

Tak hanya itu, Hagel juga ternyata mendapat kritik dari kelompok hak-hak gay atas komentar yang dibuat pada 1998 tentang calon duta gay. Hagel meminta maaf atas komentar tersebut.

Obama membela Hagel dalam sebuah wawancara pekan lalu, dengan mengatakan tidak ada hal apapun yang didiskualifikasi untuk pemilihan Hagel.

Hagel, 66, adalah seorang Republikan moderat. Ia menjabat sebagai senator untuk Nebraska, selama dua periode yakni pada 1997 hingga 2009. Saat ini dirinya menjabat sebagai ketua untuk Dewan Penasehat Intelijen Presiden. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.