Sukses

VIDEO: Longsor di Cilacap Memutus Jalur Selatan

Hujan deras di sejumlah daerah memicu longsor. Sebuah bukit di Desa Panulisan, Cilacap, Jateng, longsor mengakibatkan jalur selatan yang menghubungkan Jawa Barat dan Jawa Tengah terputus.

Hujan deras di sejumlah daerah memicu longsor. Sebuah bukit di Desa Panulisan, Cilacap, Jawa Tengah, longsor mengakibatkan jalur selatan yang menghubungkan Jawa Barat dan Jawa Tengah terputus, Jumat (4/1/2013). Longsor di Cilacap terjadi menyusul hujan yang berlangsung sekitar 5 jam.

Longsor tak hanya menimbun jalan raya jalur selatan sepanjang 50 meter. Dua truk yang tengah melintas saat longsor terjadi ikut tertimbun. Namun dua sopirnya selamat.

Polisi lalu mengalihkan arus lalu lintas melalui jalur alternatif yang sudah dipandu dengan penunjuk jalan. Belum diketahui waktu yang diperlukan agar jalur ini bisa dilewati. Sebab sejumlah alat berat masih bekerja menyingkirkan tanah dan lumpur yang menimbun badan jalan.

Sementara di Sumedang, Jabar, sejumlah anggota TNI, petugas pemadam kebakaran, dan warga berusaha membersihkan longsoran tanah di Desa Sindulang. Dengan menggunakan alat berat, petugas menyingkirkan bongkahan tanah dan pohon bambu yang menghalangi jalan penghubung tiga kabupaten yaitu Sumedang, Bandung, dan Garut.

Kondisi ini terjadi akibat tebing setinggi 8 meter longsor setelah diguyur hujan deras. Mobil pemadam kebakaran pun dikerahkan untuk membersihkan jalan karena licin agar kendaraan yang lewat tidak terpeleset.(Sug/Ais)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.