Sukses

Psikomotor Anak Meningkat Berkat Sempoa

<I>Sempoa mampu menumbuhkan interaksi dan kemampuan psikomotor anak. Dengan sempoa, anak dapat menghitung secara cepat melalui daya imajinasinya.</I>

Liputan6.com, Jakarta: Metode berhitung dengan menggunakan alat bantu sempoa mulai berkembang pesat di beberapa kota besar Indonesia. Hal itu bisa dilihat dari besarnya minat anak-anak yang mengikuti program tersebut. Menurut pengelola Yayasan Sempoa Pratama Alexander Ahad (10/9) kemarin, sempoa tak hanya berguna membantu anak memahami aritmatika dengan cara menyenangkan dalam aktivitas kelompok. Namun alat hitung tradisional dari Cina itu juga mampu memperkuat daya ingat, menumbuhkan daya imajinasi dan konsentrasi. Serta yang lebih penting lagi, sempoa mampu menumbuhkan interaksi dan kemampuan psikomotor anak.

Menurut pengajar sempoa Susanti, pertumbuhan anak yang paling cepat terdeteksi adalah kemampuan menghitung dengan cara cepat melalui daya imajinasi. Sementara itu, metode berhitung ala sempoa akan membimbing anak menyampaikan ide-ide kreatifnya melalui penyelarasan fungsi otak kiri dan kanan. Keseimbangan fungsi otak kedua sisi itulah yang nantinya bakal menciptakan sosok manusia yang genius.(BMI/Insan Kamil dan Hendro Wahyudi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.